10 Wisata Pantai di Batam yang Harus Dikunjungi Saat Libur Lebaran Nanti

10 Wisata Pantai di Batam yang Harus Dikunjungi Saat Libur Lebaran Nanti

Pantai Viovio, salah satu wisata pantai yang mempesona di Kota Batam (foto:internet)

Batam – Selama ini Kota Batam selalu diidentikan sebagai kota wisata belanja dan kuliner. Padahal, pesona kota ini tidak itu saja. Ada sejumlah pantai yang mempesona untuk didatangi para wisatawan.

Dikelilingi laut dan pulau-pulau kecil, menjadikan Batam memiliki sejumlah pantai pasir putih dengan ombak yang tenang. 

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut pantai di sekitar Batam yang wajib anda kunjungi saat libur lebaran nanti.

1. Pantai Marina

Lokasi: Jl. KH.Ahmad Dahlan, Tj. Riau, Kec. Sekupang, Kota Batam

Pantai Marina ini adalah sebuah kawasan resort, memiliki privasi dan tenang. Lokasinya di kawasan Marina Water Front City, Sekupang. Kawasan tersebut merupakan daerah elit dengan resort mewah. 

Tapi wisatawan bisa masuk ke sini dengan membeli tiket seharga Rp6.000 saja.

Selain itu, Pantai Marina pun ramah dikunjungi oleh anak-anak karena dilengkapi taman cantik dengan berbagai macam permainan.  

2. Pantai Nongsa  

Lokasi: Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam. 

Salah satu daya tarik Pantai Nongsa adalah pemandangan Singapura secara langsung, karena pantai sangat dekat dengan negara tersebut.

Pantai ini hanya berjarak beberapa mil dari Singapura sehingga merupakan salah satu destinasi wisata terluar di Indonesia bagian barat. Keistimewaan pantai ini karena memiliki air berwarna biru jernih, pasir putih halus, terumbu karang menawan, dan arena outbond serta pemandangan alam di sekelilingnya terlihat memikat.

3. Pantai Melur

Lokasi: Sijantung, Kec. Pulau Galang, Kota Batam 

Ingin menyaksikan pemandangan matahari senja atau sunset di Batam? Datanglah ke Pantai Melur pada sore hari. Pengunjung bisa menikmati sunset, matahari terbenam dengan latar pantai berpasir putih.

Pantai yang memang menghadap ke barat ini juga masih terjaga kebersihannya. Sehingga, suasana liburan di pantai yang memberikan ketenangan.

4. Pantai Sekilak

Lokasi: Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam 

Pantai ini masih menjadi pilihan wisatawan ketika ingin mencari suasana pantai yang nyaman. Lokasi juga mudah dijangkau.

Pantai Sekilak memiliki lingkungan yang indah terutama pasir putihnya. Pasir ini juga cukup nyaman ketika Anda menyesuri tanpa alas kaki. Kelebihan lain adalah akomodasi seperti tempat makan dan penginapan sudah ada.  

Baca juga:  Nilai Investasi Taipan Tomy Winata di Batam Capai Rp 29 Triliun di Tahap Pertama

5. Pantai Mirota

Lokasi: Sijantung, Galang Barelang, Kec. Galang, Kota Batam 

Hanya sedikit pantai memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Jika ingin menikmati pemandangan bawah laut, Pantai Mirota lah pilihannya.

Pantai ini juga lebih teduh karena banyak pohon yang tinggi di sekitar pantai.

Pantai Mirota merupakan salah satu pantai terbaik di Batam. Pantai ini selalu ramai dengan pengunjung, baik itu di hari biasa maupun saat akhir pekan.  

Walaupun pantainya tidak begitu luas, tetapi pasir putih yang bertekstur lembut menjadi daya tariknya. Ditambah lagi air lautnya sangat jernih dengan perpaduan warna biru dan hijau tosca.

Pengelola juga menyediakan beberapa gazebo yang bisa disewa dengan harga Rp50.000,00/jam. Fasilitas gazebo ini bisa menjadi tempat alternatifmu kalau ingin bersantai.

Tersedia juga beberapa wahana permainan lainnya untuk menambah keseruan selama berwisata di Pantai Mirota. Mulai dari banana boat dan perahu canoe 

6. Pantai Viovio 

Lokasi: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam.  Harga tiket masuk (HTM)    Rp10.000,00/orang

Salah satu pantai yang harus dikunjungi di Batam adalah Pantai viovio. Namanya unik dan menarik yang akan meningkatkan rasa ingin tahu wisatawan. Pantai ini terletak di Pulau galang yang masih asri dan alami. 

Pantai Viovio ini sempat jadi trending topic beberapa waktu lalu di medsos. Pantai ini memiliki banyak spot foto yang intagramable. Mulai dari ayunan di atas air, gardu pandang, jembatan, dan spot payung warna-warni.
Tak hanya tepi pantai yang memukau, pelancong dapat menyaksikan terumbu karang karena memiliki perairan dangkal. 

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada petang sehingga pengunjung bisa menyaksikan sunset atau pemandangan matahari terbenam.

Baca juga: Pedagang Barang Seken Batam Curhat ke DPRD: Tidak Bisa Cari Makan Karena Larangan Penjualan Barang Bekas 

7. Pantai Tanjung Pinggir 

Lokasi: Tj. Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam Harga tiket masuk 

Pantai yang berada di kawasan Sekupang, Batam ini merupakan salah satu objek wisata yang paling diminati. Pantai Tanjung Pinggir menawarkan pasir putih yang membentang sepanjang 250 meter. Keistimewaan pantai ini karena pengunjung dapat menyaksikan gedung pencakar langit di Singapura.

Setelah puas bermain air, pengunjung bisa bersantai sejenak di gazebo atau berfoto di sejumlah spot instagramable yang memenuhi kawasan pantai. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya Rp10.000 per orang.

9. Pantai Melayu 

Lokasi: Jl. Trans Barelang, Bulang, Rempang Cate, Kec. Galang, Kota Batam.  

Pantai Melayu tentulah bukan pilihan yang salah. Pantai ini memiliki banyak gazebo yang dinaungi pohon rindang sehingga suasana piknik tetap terasa sejuk.

Belum lagi, embusan angin laut yang segar pasti menjadikan piknik semakin berkesan. Tak hanya menjadi lokasi piknik, pantai ini tetap menawarkan perairannya sebagai lokasi berenang ataupun bermain air. Selain itu, fasilitas olahraga air seperti banana boat tersedia dengan cukup membayar tiket seharga Rp25.000 per orang. 

10. Pantai Payung

Lokasi: No. 47, RT. 2 RW. 2, Batu Besar, Kampung Melayu, Kec. Nongsa, Kota Batam.

Beberapa pantai di Batam banyak yang memiliki pasir putih indah. Salah satunya adalah pantai Payung. Pengunjung tidak perlu khawatir ketika ada di pantai ini. Akomodasi sudah tersedia dan terjangkau.

Pantai dikelola dengan baik sehingga kondisi alam masih asri. Anda bisa sekedar menyusuri pantai atau bermain air. Pantai Payung menjadi pilihan ketika Anda ingin suasana tenang. Selain itu, lokasinya juga tidak sulit untuk dijangkau. Pastikan Anda melihat peta sebelum traveling ke pantai ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews