Zakat Fitrah: Tujuan, Syarat, dan Manfaatnya Berdasarkan Ayat-ayat Al-Qur'an

Zakat Fitrah: Tujuan, Syarat, dan Manfaatnya Berdasarkan Ayat-ayat Al-Qur

Zakat fitrah menjadi kewajiban bagi umat muslim setelah berpuasa sebulan penuh (Foto: Ilustrasi)

Zakat fitrah adalah kewajiban bagi umat Islam yang harus dilaksanakan setelah berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan. Tujuan, syarat, dan manfaat zakat fitrah dapat ditemukan dalam beberapa ayat Al-Qur'an.

  1. Tujuan Zakat Fitrah

Salah satu tujuan utama zakat fitrah adalah membersihkan diri dari kesalahan dan dosa yang terjadi selama bulan Ramadhan. Ayat yang berkaitan dengan tujuan ini adalah:

QS. At-Taubah (9):103 خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ "Ambillah sebagian harta mereka sebagai sedekah, yang dengan sedekah itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu menjadi ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar, lagi Maha Mengetahui."

  1. Syarat Wajib Zakat Fitrah

Syarat wajib zakat fitrah meliputi: orang yang beragama Islam, merdeka (bukan hamba sahaya atau budak), dan mampu atau berkecukupan. Ayat yang berkaitan dengan syarat ini adalah:

QS. Al-Baqarah (2):267 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنفِقُوا مِن طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُم مِّنَ الْأَرْضِ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنفِقُونَ وَلَسْتُم بِآخِذِيهِ إِلَّا Ø£ÙŽÙ† تُغْمِضُوا فِيهِ وَاعْلَمُوا Ø£ÙŽÙ†ÙŽÙ‘ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ " Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk untuk dinafkahkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. 

Selain itu ada beberapa syarat wajib zakat fitrah meliputi: orang yang beragama Islam, merdeka (bukan hamba sahaya atau budak), dan mampu atau berkecukupan. Pembayaran zakat fitrah sebaiknya dilakukan pada hari terakhir Ramadhan hingga sebelum salat Idul Fitri.

Rukun zakat fitrah terdiri dari niat, adanya muzakki (orang yang berzakat), mustahik (orang yang menerima zakat), dan pemberian harta atau makanan pokok jika tidak memiliki uang, seperti beras.

Berikut ini adalah bacaan niat zakat fitrah dalam bahasa Arab dan Latin untuk berbagai keperluan, seperti niat zakat untuk diri sendiri, istri, anak laki-laki, anak perempuan, seluruh keluarga, dan orang yang diwakilkan.

Dalam praktiknya, zakat fitrah memiliki beberapa tujuan, seperti membersihkan diri dari kesalahan dan dosa, membantu orang miskin dan memenuhi kebutuhan mereka di hari raya, serta meningkatkan solidaritas dan kepedulian sosial di antara umat Islam.

Dengan melaksanakan zakat fitrah, umat Islam dapat meraih manfaat baik secara spiritual maupun sosial. Selain membersihkan diri dari dosa dan kesalahan, zakat fitrah juga menjadi wujud kepedulian kepada sesama yang membutuhkan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews