Sempat Dinyatakan Hilang, 4 Bocah di Batam Ditemukan Asyik Main Sampan

Sempat Dinyatakan Hilang, 4 Bocah di Batam Ditemukan Asyik Main Sampan

Anak yang sempat dinyatakan hilang berhasil ditemukan di kawasan wisata Ocarina (Foto: tangkapan layar video)

Batam, Batamnews - Empat orang bocah di Bengkong Kodim, Kecamatan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), sempat dikabarkan hilang. Isu kehilangan anak tersebut pun sempat mengegerkan warga sekitar hingga viral di Media Sosial (Medsos).

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (11/3/2023) lalu. Seorang Warga yang sempat melihat keempat anak tersebut bermain disebuah rumah kosong, pihak kepolisian dan juga dukun pun turun tangan dalam proses pencarian.

Kanit Reskrim Polsek Bengkong, Ipda Anwar Aris membenarkan bahwa telah menerima laporan kehilangan anak tersebut. Namun ia membantah jika anak tersebut hilang melainkan mereka bermain ke lokasi tanpa pengetahuan dan  sepengawasan pihak orang tua.

"Kami mendapatkan laporan dari orang tua keempat anak tersebut, katanya mereka hilang dan langsung kita lakukan pencarian," ujar Aris, Senin (13/3/2023).

Baca juga: Malam Minggu, Polres Karimun Patroli Skala Besar

Menurutnya, warga sekitar memang ada yang melihat keempat anak tersebut terakhir bermain di sebuah rumah kosong yang berada di wilayah Bengkong Kodim. Sehingga pihaknya bersama warga melakukan pencarian kedalam rumah itu.

Selain itu, orang tua korban juga menghadirkan dua orang dukun dalam membantu proses pencariannya.

"Ya sempat memang kita cari ke rumah kosong itu, ada dukun dua orang dibawa oleh orang tuanya, kita sudah jelaskan bahwa itu tak benar dan mereka tak mungkin berada didalam rumah tersebut karena setelah kita lakukan pengecekan memang tak ada," kata dia.

Sejurus kemudian, beredar kabar bahwa terdapat informasi penculikan anak di wilayah Wisata Ocarina, sebanyak empat orang anak dikabarkan hendak diculik dan dibawa kabur menggunakan sampan.

 

Informasi tersebut dikuatkan oleh adanya pihak security kawasan wisata Ocarina yang telah menyelamatkan keempat orang anak tersebut.

"Ciri-cirinya sama dengan empat anak yang dikabarkan hilang di Bengkong Kodim sehingga kita kirimkan anggota menuju kesana, kita juga meminta anak tersebut untuk dibawa langsung ke Polsek Bengkong," sebutnya.

Menurut Aris, keempat anak tersebut pun bukan diculik sesuai informasi yang kini tengah beredar di WAG, mereka memang bermain hingga ke lokasi tersebut.

"Ceritanya gini, mereka itu berempat bermain hingga di dekat kawasan Wisata Ocarina, disana kan ada pagar dan pintu mereka tak bisa masuk, lalu mereka bermain sampan disebelah pintu masuk disana kan ada sampan," jelas Aris.

Saat mereka asik bermain sampan, mereka lalu mencoba menyelinap masuk kedalam wisata Ocarina melalui pintu samping supaya tak terlihat oleh penjaga, akan tetapi, aksi keempat anak tersebut dipergoki oleh security yang melintas hingga mereka dipanggil dan diamankan.

"Mereka diamankan pihak security, bukan juga ditangkap, mereka anak-anak berusia 6, 8, 11 dan 12 tahun, pihak security juga kaget kemana orang tua mereka, hingga akhirnya mereka diamankan dan dilaporkan kepada pihak kepolisian Polsek Bengkong," terangnya.

Aris juga mengimbau kepada masyarakat Kota Batam khususnya wilayah Kecamatan Bengkong agar tak mudah percaya dengan informasi-informasi yang belum pasti kebenarannya. Selain itu, masyarakat juga jangan menyebarkan berita hoax yang tak dapat dipertanggungjawabkan.

"Jangan percaya begitu saja informasi yang beredar, cek dulu kebenarannya dan jangan menyebarkan informasi hoax, tak ada penculikan itu yang jelas mereka berempat bermain hingga ke lokasi yang jauh tanpa pengawasan orang tuanya," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews