DPRD Batam Apresiasi Kinerja Bank Indonesia Perwakilan Kepri

DPRD Batam Apresiasi Kinerja Bank Indonesia Perwakilan Kepri

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto. (Foto: Batamnews)

Batam - DPRD Kota Batam mengapresiasi kinerja Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepulauan Riau dalam proses distribusi mata uang Rupiah, khususnya di wilayah perbatasan.

Apresiasi ini disampaikan oleh Ketua DPRD Batam, Nuryanto saat menerima penyelenggara Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 yang diprakarsai oleh Bank Indonesia perwakilan Provinsi Kepri bersama TNI AL.

Menurut Nuryanto, tugas yang diemban oleh BI Kepri kiranya tidak mudah dan penuh dengan berbagai tantangan dalam menyediakan uang dalam kondisi yang baik.

Hal itu sekaligus dalam meningkatkan jangkauan layanan kas keseluruh wilayah Indonesia, termasuk untuk daerah terpencil dan terdepan NKRI.

“Untuk itu, kami dari DPRD Kota Batam sangat mengapresiasikan apa yang dilakukan Bank Indonesia perwakilan Provinsi Kepri, dalam mewujudkan kontribusi nyata pada perekonomian nasional dan upaya menjaga kedaulatan NKRI,” tegas Nuryanto.

Pria yang akrab di sapa Cak Nur ini pun menganggap dengan adanya kegiatan ini, memberikan kemudahan bagi masyarakat di lima pulau Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) di Provinsi Kepri. 

Antara lain, Tarempa (Kabupaten Kepulauan Anambas), Midai dan Subi Besar (Kabupaten Natuna), Tambelan Besar (Kabupaten Bintan), serta Singkep (Kabupaten Lingga).

“Harapan kami dari unsur perwakilan Pemerintah Daerah, kegiatan yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat ini dapat terus ditingkatkan dan kedepannya desa-desa lain dapat juga dikunjungi,” imbuhnya.

Mengingat, tambahnya lagi, program selain memunculkan jiwa nasionalisme sekaligus menumbuhkembangkan kecintaan terhadap Rupiah. Serta pendistribusian dan pemberian layanan penukaran maupun penarikan uang Rupiah tidak layak edar, akan menjadikan Rupiah semakin berdaulat.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat, dan saya sangat mengapresiasikan kegiatan ini,” terang Politisi PDI Perjuangan ini.

Sebagaimana diketahui, Bank Indonesia perwakilan Provinsi Kepri bersama TNI AL menyalurkan uang dalam jumlah yang cukup dan kondisi yang layak edar di seluruh wilayah NKRI, khususnya wilayah 3T.

Pada tahun ini, Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 mendistribusikan Rp 12 miliar uang layak edar ke 5 (lima) pulau. Nantinya, Bank Indonesia menerapkan metode penukaran wholesale kepada retailer, instansi pemerintah/swasta, dan perbankan untuk memperkuat kecukupan uang di wilayah tujuan.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews