Jalan Trans Barelang Amblas 2 Meter Akibat Hujan Deras

Jalan Trans Barelang Amblas 2 Meter Akibat Hujan Deras

Kondisi ruas jalan Trans Barelang di Galang yang amblas akibat guyuran hujan deras. (Foto: ist/batamnews)

Batam, Batamnews - Ruas Jalan Trans Barelang atau tepatnya dari arah Sembulang menuju Polsek Galang, Kelurahan Rempang, Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau amblas

Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur Batam dan sekitarnya sejak Selasa (28/2/2023) sore hingga keesokan harinya, ditengarai menjadi penyebab amblesnya jalan ini.

Lurah Sembulang, Danang mengatakan kejadian jalanan amblas ini diperkirakan terjadi sekitar tengah malam. Adapun kedalaman jalan yang amblas tersebut sekitar 2 meter. 

“Warga sekitar yang melihat pertama kali,” ujar Danang saat dikonfirmasi, Rabu (1/3/2023). 

Baca: Batu Miring di Komplek Ruko Karimun Amblas Dihantam Longsor

Kondisi jalan yang amblas tersebut saat ini hanya dapat dilewati sebagian kecil dari bagian jalan. Namun masih dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Hanya sebagian sisi kecil saja yang bisa dilewati. Kalau kondisi terang mungkin bisa dilewati, kalau malam itu yang kami khawatirkan,” kata dia.

Untuk saat ini, Danang menyebutkan sudah melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Bina Marga dan Sumber Data Air (BM-SDA) Kota Batam, agar segera diperbaiki. Selain itu, pihaknya juga sudah memasang rambu peringatan di lokasi. 

“Supaya pengguna jalan tidak mengalami kecelakaan. Selain itu, lokasinya uuga dekat dengan Polsek, jadi petugas juga ada yang mengawasi,” katanya.

Baca: Aspal Retak dan Amblas Akibat Cuaca Ekstrem di Tanjungpinang

Sementara itu, Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Ariastuty Sirait mengatakan pihaknya telah menurunkan tim untuk mengecek jalan amblas tersebut. Untuk diketahui, ruas jalan Trans Barelang merupakan kewenangan BP Batam. 

“Sudah dicek oleh tim BP Batam,” ujar Tuty. 

Selanjutnya sebagai upaya mitigasi (pencegahan), pihaknya akan melakukan pengerukan dan penimbunan tanah di lokasi jalan yang amblas tersebut. 

“Sementara ini, kendaraan bisa melalui jalan tersebut, sambil kami lakukan perbaikan, paling cepat satu minggu untuk mengembalikan jalan seperti sedia kala,” ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews