7 Tips Diet Agar Berat Badan Turun 20 Kg, Kurangi Konsumsi Karbohidrat

7 Tips Diet Agar Berat Badan Turun 20 Kg, Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Ilustrasi badan gemuk. (Foto: Freepik)

Jakarta - Memilki berat badan yang ideal tentu saja menjadi dambaan setiap orang. Jika demikian, Anda yang memiliki berat berkisar 70-100 kilogram (kg), bisa mencoba diet Atkins atau diet rendah karbohidrat.

Mengutip Atkins, pada diet ini, Anda tidak perlu menghitung kalori yang dikonsumsi, tapi cukup mengurangi jumlah asupan karbohidrat sehari-hari.

Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung protein dan lemak. Nantinya, protein dan lemak akan menjadi sumber energi utama pengganti karbohidrat.

Berikut tujuh tips diet agar berat badan turun mencapai 20 kg dengan diet Atkins.

1. Kurangi karbohidrat

Inti dari diet Atkins adalah mengurangi asupan karbohidrat, seperti yang terkandung dalam nasi, pasta, kentang, roti, kue, permen, hingga minuman bersoda.

Faktanya, mengurangi asupan karbohidrat tetap bisa membuat tubuh memiliki sumber energi yang cukup. Selain itu, dapat mengurangi rasa kembung di perut.

2. Perbanyak konsumsi protein dan lemak

Setelah mengurangi karbohidrat, Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak sebagai pengganti sumber energi. Protein dan lemak akan membuat Anda kenyang lebih lama dan menekan keinginan makanan berlebihan.

Contoh makanan kaya protein, yaitu daging sapi, daging ayam, daging unggas, ikan, kerang, telur, yoghurt, kacang-kacangan, hingga biji-bijian.

3. Konsumsi camilan sehat

Cara agar berat badan turun 20 kg berikutnya adalah menghindari camilan yang tidak sehat, misalnya makanan yang manis-manis, keripik, dan lainnya. Sebagai gantinya jika Anda ingin nyemil, pilihlah camilan sehat, seperti potongan mentimun, kacang, dan lainnya.

4. Makan pada waktu yang tetap

Tahukah Anda, cara mengurangi berat badan bahkan mencapai 20 kg adalah dengan makan dengan waktu yang tetap alias teratur. Hal ini akan membuat Anda tidak mudah lapar dan menimbulkan hasrat ingin mengonsumsi camilan dan makanan yang tidak sehat.

5. Olahraga

Diet tak cuma soal mengatur pola makan, tapi juga mengimbanginya dengan berolahraga. Cobalah untuk mulai melakukan olahraga ringan minimal 30 menit per hari.

Jenisnya bisa Anda sesuaikan dengan yang disukai. Olahraga yang paling sederhana adalah berjalan kaki selama 15 menit per hari.

6. Catat apa yang dimakan

Salah satu kesalahan dalam proses diet adalah sering kali secara tidak sadar Anda makan makanan yang sembarangan. Bahkan, sekalipun tidak merasa lapar.

Untuk mencegah hal ini, mulailah mencatat apa yang Anda makan di buku harian. Hal ini akan membantu Anda melacak apa saja yang dimakan dalam sehari, sehingga bisa menyadari apakah makanan yang dimakan sudah tepat atau belum.

7. Beri tahu lingkungan jika Anda tengah diet

Ternyata salah satu trik agar berat badan turun 20 kg adalah memberitahu lingkungan sekitar jika Anda tengah melakukan diet. Hal ini akan menambah motivasi dari orang lain kepada diri sendiri agar bisa sukses melakukan diet.

Di sisi lain, orang lain mungkin akan memaklumi ketika Anda menolak camilan dari mereka karena dapat mengganggu pola diet Anda.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews