5 Tips Agar Tetap Sehat saat Liburan

5 Tips Agar Tetap Sehat saat Liburan

Ilustrasi

Jakarta - Liburan dapat memperbaiki suasana hati, memulihkan energi dan pikiran, hingga mendukung kesehatan fisik dan mental untuk jangka panjang. Tetapi ketika berlibur, penyakit atau gangguan kesehatan, seperti flu, demam hingga diare bisa saja terjadi.

Agar tubuh tetap sehat dan manfaat liburan tetap bisa didapatkan, ada beberapa tips sehat selama liburan yang bisa diterapkan, yaitu.

1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Liburan biasanya menjadi momen untuk mencicipi berbagai kuliner lokal di tempat yang dikunjungi. Hal ini boleh saja dilakukan asalkan tetap memperhatikan asupan kalori dan nutrisi yang dikonsumsi.

Pastikan cukupi asupan sayuran dan buah-buahan, serta memilih camilan yang sehat dan praktis, misalnya biskuit gandum, untuk bekal selama perjalanan. Selain itu, batasi pula makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam agar tetap sehat selama liburan.

2. Pastikan Selalu Terhidrasi

Penting untuk mencukupi kebutuhan cairan selama liburan agar tubuh tetap terhidrasi dan aktivitas liburan pun berjalan lancar. Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air per hari, sedangkan anak-anak minum air sekitar 7 gelas per hari.

3. Menyempatkan Stretching atau Berolahraga

Liburan bukan berarti bebas untuk tidak berolahraga atau setidaknya melakukan stretching. Luangkanlah waktu sekitar 150 menit per minggu untuk berjalan kaki, joging, fitness, atau berenang. Jika memungkinkan, bisa juga mengajak anak-anak untuk ikut berolahraga setidaknya 30 menit hingga 1 jam per hari.

Selain membakar kalori, olahraga dapat meredakan stres dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Hal ini tentunya akan membuat lebih bertenaga dan tetap sehat selama liburan.

4. Beristirahat yang Cukup

Pastikan tidur yang cukup selama liburan, yaitu sekitar 9 jam setiap malamnya. Tidur dan beristirahat yang cukup akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih berenergi, tidak mudah lelah, dan tidak gampang sakit.

5. Booster Imunitas dengan Multivitamin

Selain memperhatikan asupan kalori dan nutrisi yang dikonsumsi, jaga daya tubuh dengan multivitamin harian cukup penting selama masa liburan seperti ini.

Guna mencegah penyakit dan menambah imunitas selama liburan, Anda dan keluarga dianjurkan untuk selalu sedia dan mengonsumsi vitamin harian.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews