Digigit Ular di Alam Liar? KOREK Karimun Beri Pembekalan ke Anggota Pramuka

Digigit Ular di Alam Liar? KOREK Karimun Beri Pembekalan ke Anggota Pramuka

KOREK Karimun melakukan sosialisasi menghadapi reptil khususnya ular kepada pelajar anggota pramuka di SMA Mahabodhi. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Komunitas Reptil Karimun (KOREK) memberikan sosialisasi dan penanganan reptil kepada anggota pramuka SMA swasta Mahabodhi.

Penanganan yang paling utama disosialisasikan adalah pengetahuan untuk hewan reptil jenis ular.

Trainer dari tim KOREK, Vicky Zen menjelaskan edukasi tentang ular sangat perlu di terapkan kepada seluruh anggota pramuka. Hal ini karena ular merupakan satwa liar yang habitatnya paling dekat dengan manusia.

Baca juga: Wakil Ketua I DPRD Natuna Hadiri Upacara HUT ke-61 Pramuka

“Sosialisasi pengenalan, evakuasi dan penanganan gigitan ular ini sangat penting di laksanakan pada adik-adik pramuka yang sering melakukan aktivitas di alam terbuka," kata Vicky.

Sosialisasi yang diberikan juga untuk mengubah paradigma masyarakat yang buruk terhadap ular. Mereka memberikan pembekalan yang benar agar keseimbangan alam tetap terjaga.

Pembantu pembina pramuka SMA Swasta Mahabodhi, Riki Maulana menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat menunjang kegiatan kepramukaan.

Baca juga: Pramuka Peduli, Tangani Dampak Pandemi hingga Semenisasi

"Terima kasih untuk Komunitas Reptil Karimun (KOREK) yang dapat berpartisipasi dalam perkemahan di SMA Mahabodhi Karimun. Ilmu tentang reptil sangat dibutuhkan oleh para penegak," kata Riki.

Selain sosialisasi pengenalan, evakuasi dan penanganan gigitan ular, berbagai kegiatan juga diselenggarakan oleh pembina kepada penegak pramuka SMA Mahabodhi.

Diantaranya sosialisasi dari damkar, outbond perahu karet bersama TNI AL, malam pensi dan api unggun, jalan santai, serta gotong royong.

(aha)
Komentar Via Facebook :