Hasil Pilkada Kepri 2015

Ini Hasil Rekapitulasi Final KPU Pilkada Kepulauan Riau di Karimun dan Lingga

Ini Hasil Rekapitulasi Final KPU Pilkada Kepulauan Riau di Karimun dan Lingga

Ilustrasi rekapitulasi suara di KPU. (Foto: BATAMNEWS)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelesaikan rekapitulasi suara berdasarkan formulir Model C1 untuk dua kabupaten di Kepulauan Riau, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Natuna, selesai direkap.

Hasilnya, dua kabupaten itu masih dikuasai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kepri HM Sani-Nurdin Basirun.

Pasangan Sani-Nurdin memperoleh suara 72,39 persen, sedangkan pasangan HM Soerya Respationo-Ansar Ahmad hanya meraih 27,61 persen.

Data yang masuk untuk Kabupaten Karimun dari Model C1 yang ditetapkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) itu sudah mencapai 100 persen.

Namun hasil tersebut menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih bersifat sementara atau belum final karena masih ada tahapan selanjutnya berupa perbaikan.

Hanya saja, hasil perolehan suara diperkirakan tidak akan berubah signifikan.

“Kesalahan yang terdapat pada formulir Model C1 diperbaiki pada rekapitulasi di tingkat atasnya,” tulis KPU di laman pilkada2015.kpu.go.id/kepriprov.

Data yang masuk dari 450 TPS di Kabupaten Karimun. Suara sah 89.053 suara, sedangkan suara tidak sah 4.962, sedangkan total jumlah suara mencapai 94.023.

 

Lingga

Sedangkan di Kabupaten Lingga, pasangan Sani-Nurdin juga unggul sementara. Sani-Nurdin memperoleh suara 55,22 persen suara, sedangkan pasangan Soerya-Ansar memperoleh 44,78 suara.

Rekapilutasi Model C1 itu sudah final dari KPPS. Suara yang masuk dari 230 TPS di Kabupaten Lingga dengan jumlah suara sah 49.934, dengan suara tidak sah 3.406, total suara 53.117.

Di Kabupaten Lingga tercatat jumlah pemilih mencapai 69.588, sedangkan yang menggunakan hak pilih sekitar 53.340 orang.

Muhammad Sani dan Nurdin Basirun merupakan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang didukung Partai Demokrat, Partai NasDem, PKB, Partai Gerindra, dan PPP. 

Sedangkan Soerya Respationo dan Ansar Ahmad  didukung PKS, Partai Hanura, PAN, PDI Perjuangan.

Sani dan Soerya pada Pilkada sebelumnya terpilih berpasangan dan terpilih, namum pada Pilkada kali ini keduanya menjadi rival.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews