Kurangi Antrean, Imigrasi Batam Pasang Autogate di Pelabuhan Harbour Bay

Kurangi Antrean, Imigrasi Batam Pasang Autogate di Pelabuhan Harbour Bay

WNI sedang memakai fasilitas autogate di Pelabuhan Internasional Harbour Bay

Batam, Batamnews - Fasilitas autogate bagi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk berpergian ke negara Singapura melalui Kota Batam telah diaktifkan. 

Dari lima pelabuhan internasional di Batam yang melayani penumpang keluar masuk dari dan ke Singapura, hanya Pelabuhan Internasional Harbour Bay yang telah tersedia fasilitas ini. 

Pelayanan keimigrasian berupa fasilitas autogate tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi dari Imigrasi Indonesia untuk mempercepat pelayanan pemeriksaan keimigrasian pada bandar udara di Indonesia.

Baca juga: Banyak Calon Penumpang Tujuan Luar Negeri Dicegat Imigrasi di Pelabuhan Karimun

Kepala Kantor Imigrasi kelas I Khusus TPI Batam Subki Miuldi mengatakan pemasangan fasilitas autogate ini sedang dilakukan monitoring dan evaluasi.

“Sementara bisa digunakan oleh WNI, baik kedatangan atau keberangkatan,” ujar Subki, Senin (10/10/2022). 

Selain WNI, fasilitas autogate tersebut bisa juga dimanfaatkan oleh Warga Negara Asing pemegang Izin Tinggal Terbatas (Itas) dan Izin Tinggal Tetap (Itap). 

Baca juga: PMI Ilegal Sering Lolos di Pelabuhan Resmi, Imigrasi Batam Tampik Ada Oknum Petugas 'Bermain'

Sedangkan pengguna bebas visa khusus WN Singapura, dapat memanfaatkan fasilitas autogate ketika kembali ke negara asal. 

“Ke depan, apabila masa evaluasi sudah berakhir, kami akan menambahkan subyek/negara yang dapat menggunakan autogate, yuk cobain pake autogate, subki mengakhiri,” katanya. 

Selain di Batam, fasilitas autogate juga telah terpasang di pintu masuk luar neger di daerah lain di Indonesia. Di antaranya melalui Bandar Udara Soekarno Hatta dan Bandar Udara Ngurah Rai.

 

“Pemanfaatan autogate dapat mengurai antrean penumpang, sehingga pemeriksaan lebih cepat dan masyarakat lebih nyaman,” kata Subki.

Hal ini karena autogate menjadi fasilitas pendukung bagi calon penumpang yang memiliki paspor elektronik dan ingin melakukan pemeriksaan keimigrasian di pelabuhan sebelum berangkat.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews