Biaya Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN Capai Rp 6 Miliar, Netizen Tercengang

Biaya Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN Capai Rp 6 Miliar, Netizen Tercengang

Ilustrasi desain kamar tidur dalam ruang kerja dewan pengarah BRIN. (Istimewa)

Jakarta - Warganet di Twitter tengah membicarakan renovasi ruang kerja Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang menelan biaya hingga Rp 6 miliar. Salah seorang warganet menyebut para peneliti saja tidak memiliki ruangan.

Renovasi ruang kerja Dewan Pengarah BRIN menjadi sorotan warganet, karena selain menelan biaya yang tidak sedikit, desain ruangannya pun tampak begitu mewah.

"Padahal penelitinya enggak punya ruangan, meja kerja pun suruh cari masing-masing, tapi dewan pengarahnya malah bikin ruangan mewah," tutur seorang warganet yang dikutip Suara.com, Senin (18/7/2022).

Sementara itu akun Twitter @brin_watch menilai kalau upaya renovasi ruang kerja Dewan Pengarah BRIN itu dilakukan supaya bisa memiliki ruangan serupa milik Elon Musk.

"Akhirnya Dewan Pengarah BRIN akan memiliki ruang kerja yang setara dengan ruang kerja Elon Musk, semoga bisa membawa riset BRIN setara dengan riset riset Tesla dan SpaceX, semangat," cuit @brin_watch.

Namun, ada warganet lainnya yang tidak sepakat apabila desain ruang kerja dewan pengarah BRIN menyerupai ruangan kerja Elon Musk. Karena menurutnya, ruang kerja Elon Musk hanya partisi dari pabriknya.

"Ruang mas Elon cuma gedung pabrik dikasih partisi," ungkap seorang warganet.

Selanjutnya...

 

Dana dari APBN

Bukan dari kantong sendiri, renovasi tersebut ternyata menggunakan dana dari APBN Tahun 2022.

Mengutip dari situs lpse.brin.go.id, terdapat surat dari Biro Manajemen Barang Milik Negara dan Pengadaan. Isinya ialah pengumuman tender dengan pascakualifikasi.

Adapun tender tersebut dutujukan untuk jasa konstruksi revonasi ruang kerja dewan pengarah BRIN. Nilai renovasi menurut harga perkiraan sendiri (HPS) ialah Rp 6.063.492.327.

"Sumber pendanaan APBN Tahun Anggaran 2022," demikian tertulis pada surat yang dikutip Suara.com, Senin (18/7/2022).

Sebanyak 147 peserta ikut dalam kualifikasi tender renovasi ruang kerja mewah tersebut. Namun dalam situs tersebut tidak dicantum nama-nama dari peserta yang dimaksud.

Ruang Kerja Mewah

Sebelumnya, renovasi ruang kerja dewan pengarah BRIN itu disampaikan oleh akun Twitter @brin_watch. Salah satu yang bakal menikmati ruang kerja tersebut ialah Megawati Soekarnoputri selaku ketua dewan pengarah BRIN.

Dengan kalimat satir, mereka menilai kalau ruangan hasil revonasi nantinya akan setara dengan ruangan kerja milik Elon Musk.

"Akhirnya Dewan Pengarah BRIN akan memiliki ruang kerja yang setara dengan ruang kerja Elon Musk, semoga bisa membawa riset BRIN setara dengan riset riset Tesla dan SpaceX, semangat," cuit @brin_watch yang dikutip Suara.com, Senin (18/7/2022).

Sementara itu, ada warganet lainnya yang mengunggah kutipan layar Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) terkait jasa konstruksi renovasi ruang kerja Dewan Pengarah BRIN. Dengan kode tender 7167760, renovasi ruang kerja Megawati tersebut mencapai Rp 6.109.000.000.

Kalau merujuk pada keterangan dari LPSE BRIN, dana tersebut berasal dari APBN tahun anggaran 2022.

Desain dari ruang kerja Megawati juga tampak begitu mewah. Bahkan terdapat desain yang memperlihatkan ruangan untuk tidur karena dilengkapi tempat tidur serta meja rias layaknya sebuah ruangan di rumah.

Ruangan itu lantas disebut sebagai ruang istirahat ketua.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews