Kasus SPP Mahasiswa Ditilep, Rektor Uniba: Kami Juga Menjadi Korban

Kasus SPP Mahasiswa Ditilep, Rektor Uniba: Kami Juga Menjadi Korban

Rektor Uniba, Prof. Dr. Ir.Chablullah Wibisono, MM.

Batam, Batamnews - Rektor Universitas Batam (Uniba), Prof. Dr. Ir.Chablullah Wibisono, MM mengakui adanya dugaan penyelewengan dana SPP mahasiswa di perguruan tinggi yang ia pimpin.

Ia mengatakan kasus tersebut sudah dilaporkan dan kini ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kepulauan Riau.

Namun demikian, pihaknya belum dapat menjelaskan lebih rinci terkait kasus tersebut. Alasannya, masih dilakukan penyelidikan oleh tim dari Ditreskrimum Polda Kepri. 

Chablullah juga mengakui ada ratusan alumni yang terdampak kasus ini, yakni tidak bisa menerima ijazah kelulusan.

"Kami (Uniba) di sini juga korban, jadi kita tak memberikan ijazah milik Mahasiswa karena kita belum menerima pembayaran SPP secara resmi," kata dia, Rabu (13/7/2022).

Baca: Ada Dugaan Penyelewengan Dana SPP Rp 11 Miliar di UNIBA

Ia juga menegaskan pihak Uniba juga tak membenarkan proses cara pembayaran yang dilakukan oleh ratusan mahasiswa tersebut.

"Kita hanya menerima pembayaran resmi jika masuk melalui rekening milik Uniba, kita tak menganjurkan untuk melakukan pembayaran melalui rekening pribadi meskipun itu pekerja di Uniba," tegasnya. 

Sebelumnya, ratusan alumni Uniba tak menerima ijazah meskipun sudah dinyatakan lulus. Hal tersebut dikarenakan adanya dugaan penyelewengan dana SPP yang dilakukan oleh oknum di bagian keuangan Uniba.

Tak hanya pihak Uniba yang melapor ke Polda Kepri, sejumlah mahasiswa dari Fakultas Hukum dan juga Fakultas Kedokteran juga melaporkan peristiwa itu ke Ditreskrimum Polda Kepri.

(rez)

Berita Terkait