Jenazah Eks PM Jepang Shinzo Abe Dimakamkan Hari Ini

Jenazah Eks PM Jepang Shinzo Abe Dimakamkan Hari Ini

Mantan PM Jepang. Shinzo Abe. (Foto: Kantei.go.jp)

Tokyo - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dimakamkan hari ini setelah upacara di Kuil Zojoji di Tokyo tadi malam, yang hanya dihadiri oleh keluarga dan teman dekat.

Upacara dimulai dengan doa sepanjang malam yang dipimpin oleh istri almarhum, Akie Abe.

Anggota parlemen Jepang ditunjuk sebagai area terpisah bagi mereka untuk membakar dupa dan meletakkan bunga sebagai penghormatan terakhir.

Pihak berwenang di Tokyo dan kota Shimonoseki, prefektur Yamaguchi, kampung halaman Abe, juga mengatur area bagi orang-orang untuk membakar dupa dan menyampaikan belasungkawa.

Kedua kota tersebut berencana menggelar acara perpisahan Abe sehari kemudian.

Abe, 67, yang juga merupakan perdana menteri terlama di Jepang, ditembak saat berkampanye Jumat pagi lalu, menyebabkan dia pingsan karena cedera leher dan meninggal beberapa jam kemudian di rumah sakit.

Dia berusia 52 tahun ketika menjadi perdana menteri pada tahun 2006, yang termuda memegang jabatan itu setelah era perang, tetapi harus mengundurkan diri karena masalah usus.

Namun setelah pulih, ia kembali mencalonkan diri dan memenangkan jabatan perdana menteri pada 2012, ketika Jepang masih berjuang untuk bangkit kembali dari tsunami 2011 yang mengakibatkan bencana nuklir di Fukushima.

Abe memperkenalkan rencana pemulihan ekonomi, 'Abenonics', untuk membangun kembali Jepang dengan meningkatkan pengeluaran pemerintah, melonggarkan kebijakan moneter, dan mengurangi birokrasi.

Abe seharusnya tetap menjadi perdana menteri hingga akhir 2021 dan menutup tirai karir politiknya dengan Olimpiade Tokyo 2020 ditunda karena ancaman Covid-19.

Namun ia harus pensiun dini pada Agustus 2020 setelah masalah usus kembali menghantuinya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews