Bye bye.. Pemadaman Bergilir, Perawatan PLTGU Tanjunguncang Segera Rampung

Bye bye.. Pemadaman Bergilir, Perawatan PLTGU Tanjunguncang Segera Rampung

ilustrasi

Batam, Batamnews - Pemadaman listrik bergilir di Batam seakan tak habis-habis sebelumnya. Usai PLTU Tanjungkasam menjalani pemeliharaan rutin, PLTGU Tanjunguncang pun menyusul setelahnya. 

Menyiasati kekurangan daya PLN Batam terpaksa melakukan pemadaman secara bergilir. Pemeliharaan PLTGU Tanjunguncang dilakukan sejak 26 Mei lalu terhadap pembangkit unit 1.

Corporate Secretary PT PLN Batam, Hamidi Hamid menyampaikan bahwa pemeliharaan rutin tersebut akan selesai pada 13 Juni mendatang.

"Mesin juga butuh pemeliharaan, makanya ini kami lakukan secara rutin. Tanggal 13 Juni, InsyaAllah sudah bisa beroperasi dan normal kembali," ujar dia, Senin (6/6/2022).

Daya yang tumbuh sangat laju membuat PLN kewalahan hingga terjadi pemeliharaan. Selain itu pelanggan juga semakin meningkat sampai pada cuaca yang begitu ekstrem yang jadi penyebab.

"Sekarang, (daya) tumbuh sampai 12 persen. Kalau ada pertumbuhan itu tentunya daya kita terbatas," ujar Hamidi.

Dalam mengantisipasi masalah tersebut, pihaknya sudah membangun 30 Megawatt untuk pembangkit di Baloi, Batam. Selain itu ada juga penambahan daya di pembangkit lain yang ada di Batam.

"Dalam antisipasi ini, kita sudah bangun 30 Megawatt, sudah COD di April kemarin untuk di Baloi. Kemudian Agustus atau September besok itu kita akan COD 25 megawatt lagi. Akhir tahun atau awal tahun 2023, kita akan operasi lagi 50 MW," katanya.

Menurut dia, langkah ini sangat efektif karena beban PLN yang terbatas. Patokan mereka tentunya dari riset margin yang kini kurang dari 10 persen.

"Pada saat pembangkit besar N-1 mengalami pemeliharaan atau gangguan, kapasitas daya kita pas-pasan. Itulah kita menambah daya kita agar terpenuhi sampai tahun 2025 nanti," ujar Hamidi.

Kemudian, lanjut dia, Bright PLN Batam juga akan bekerjasama dengan pembangkit yang mempunyai IUPTL untuk memanfaatkan access power

Ditambah lagi dengan akan dioptimalkannya pembangkit-pembangkit atau PLTD di Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews