Warga Karimun Ramai-ramai Urus Paspor, Ini Kata Imigrasi

Warga Karimun Ramai-ramai Urus Paspor, Ini Kata Imigrasi

Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Kantor Imigrasi Karimun, Ahmad Triesna Yanda. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Kantor Imigrasi kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau, mengeluarkan sebanyak 765 paspor selama bulan Mei 2022.

Paspor yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi tersebut, berupa pembuatan paspor baru dan juga penggantian paspor (perpanjangan).

Dari data yang didapat, untuk penerbutan paspor yang terhitung dari tanggal 2 hingga 30 Mei 2022, adalah sebanyak 82 paspor baru dan 683 penggantian paspor.

"Untuk bulan Mei, pangajuan pengurusan paspor yang dikeluarkan sebanyak 765, yakni untuk paspor baru sebanyak 82, dan penggatian 683 paspor," kata Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun, Ahmad Triesna Yanda, Selasa (31/5/2022).

Kantor Imigrasi dapat melayani dan mengelurkan puluhan paspor setiap harinya. Kondisi itu setelah dibukanya jalur pelayaran Internasional dari Kabupaten Karimun.

Animo masyarakat Karimun juga cukup baik sehingga masyarakat yang sebelumnya memiliki paspor kembali mengurus untuk penggantian.

"Sudah lumayan banyak yang mengurus untuk permohonan paspor. Sehari bisa 60 sampai 70 permohonan," kata Yanda.

Untuk permohonan pembuatan paspor tersebut kini wajib melalui aplikasi mobile paspor (M-paspor). Setiap pemohon terlebih dahulu mengisi data diri dan berkas permohonan, hingga melakukan pembayaran.

Setelah mengisi formulir, pemohon dapat mengatur jadwal untuk melakukan sesi foto di kantor imigrasi sebelum penerbitan paspor.

"Untuk permohonan pembuatan paspor, pemohon wajib melalui m-paspor," ujarnya.

Yanda juga mengatakan ada kategori prioritas yang mendapat kemudahan dalam pengurusan paspor. "Prioritas ini khusus bagi yang lanjut usia, disabilitas dan balita maupun ibu hamil," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews