Kane Tanaka, Orang Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 119 Tahun

Kane Tanaka, Orang Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 119 Tahun

Kane Tanaka. (Foto Guinness World Records.com/naviri.org)

Tokyo - Seorang wanita Jepang yang dikonfirmasi sebagai orang tertua di dunia telah meninggal pada usia 119 tahun pada Senin (25/4/2022).

Kane Tanaka lahir pada 2 Januari 1903, di provinsi Fukuoka di barat daya Jepang, pada tahun yang sama Wright bersaudara terbang untuk pertama kalinya dan Marie Curie menjadi wanita pertama yang memenangkan Hadiah Nobel.

Kesehatan Tanaka relatif baik sampai saat ini di mana dia yang tinggal di panti jompo menikmati bermain permainan papan, memecahkan masalah matematika, soda, dan cokelat.

Di usia muda, Tanaka menjalankan berbagai bisnis termasuk toko mie dan toko kue beras.

Dia menikah dengan Hideo Tanaka seabad yang lalu pada tahun 1922, melahirkan empat anak dan mengadopsi seorang anak angkat.

Tanaka berencana menggunakan kursi roda untuk mengikuti estafet obor Olimpiade Tokyo 2021, tetapi wabah Covid-19 menghalanginya.

Ketika Guinness World Records mengakui dia sebagai orang tertua yang hidup pada tahun 2019, dia ditanya saat apa dia paling bahagia dalam hidup. Jawabannya: "Sekarang."

Rutinitas hariannya digambarkan pada saat itu termasuk bangun pukul 6:00 pagi, dan sore harinya dihabiskan untuk belajar matematika dan berlatih kaligrafi.

“Salah satu hobi favorit Kane adalah permainan Othello dan dia mengkhususkan diri dalam permainan papan klasik, sering mengalahkan staf rumah peristirahatan,” kata Guinness dilansir Berita Harian.

Gubernur setempat Seitaro Hattori memuji kehidupan Tanaka setelah dia meninggal pada 19 April.

"Saya menantikan untuk melihat Kane-san pada Hari Kehormatan untuk Lansia tahun ini (libur nasional pada bulan September) dan merayakan bersama dengan soda dan cokelat favoritnya," katanya dalam sebuah pernyataan hari ini.

"Saya sangat sedih dengan berita itu."

Jepang memiliki populasi tertua di dunia, menurut data Bank Dunia, dengan sekitar 28 persen berusia 65 tahun ke atas.

Orang tertua yang masih hidup yang dikonfirmasi oleh Guinness adalah wanita Prancis Jeanne Louise Calment, yang meninggal pada usia 122 tahun dan 164 hari pada tahun 1997.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews