Begini Cara Memasak Gonggong Khas Kepri yang Menggugah Selera

Begini Cara Memasak Gonggong Khas Kepri yang Menggugah Selera

Gonggong

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Bagi Anda hendak liburan atau berkunjung ke Batam, Provinsi Kepri, tentu saja makanan yang satu ini, gonggong, sayang untuk dilewatkan.

Gonggong merupakan makanan hasil olahan dari sejenis siput yang menjadi kuliner khas di Batam, Propinsi Kepulauan Riau.

Jika Anda berwisata ke Pulau Batam tentunya tidak akan sulit menemukan makanan tersebut karena setiap food court (counter makanan) yang letaknya di pinggir pantai pasti tidak lupa memasukan menu gonggong ke dalam daftar makanan.

Gonggong sendiri merupakan hewan laut (siput laut) yang bercangkang keras dan berbentuk panjang umumnya berwarna putih dengan motif garis cokelat dan abu. Hewan laut ini banyak terdapat di Pulau Batam, Lobam, Tanjung Uban, Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Sholeh salah seorang juru masak yang bekerja untuk Montigo Resort Nongsa mengatakan kepada Liputan6.com jika memasak gonggong itu sangat mudah.

"Setelah di cuci, gonggonya di rebus kemudian di hidangkan, selain gonggongnya yang khas, sausnya juga khas. Untuk sausnya, kita bikin sendiri, " ujar Soleh dengan santai baru-baru ini.

Sholeh juga menjelaskan, umumnya masyarakat asli pesisir memasak gonggong dengan cara di tumis. Tapi kadang juga ada yang dimasak asam pedas, ataupun di soup.

Setelah di masak, gonggong di sajikan beserta cangkang-cangkangnya, untuk mengeluarkan daging gonggong, pastinya sudah di sediakan alat untuk mencongkel daging dari dalam cangkang nya.

Kemudian setelah keluar dagingnya, Anda dapat mencium aroma gurih dari daging gonggong yang telah bercampur dengan aroma bumbu-bumbu khas. Hal ini tentunya membuat mulut tidak sabar ingin bergegas menyambarnya.

Agar melengkapi gurihnya rasa daging gonggong, dapat juga disajikan dengan saus asam pedas yang diracik khusus menggunakan perasaan air asam jawa atau jeruk sambal ditambah dengan potongan-potongan cabe rawit. Rasa asam dan pedas dari saus yang di sajikan akan langsung meresap ke lidah.

Lebih lanjut, gonggong adalah salah satu makanan yang paling dicari oleh para wisatawan yang sedang berlibur ke Batam. Oleh karena itu jika Anda sedang berada di Batam, Anda harus mencoba Gonggong. Jangan khawatir, gonggong ini aman dan mempunyai cita rasa yang lezat dan hanya ada di Batam saja tentunya.

Selain gonggong, wisata kuliner yang tak kalah lezatnya di Batam adalah soup ikan Bawal, lobster asam manis, asam pedas ikan Semilang, dan aneka makanan laut lainya.

 

[ajg]

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews