Youtuber Asal Malaysia Didakwa di Pengadilan Usai Bunuh Pacarnya

Youtuber Asal Malaysia Didakwa di Pengadilan Usai Bunuh Pacarnya

Abdul Jamal (tengah) saat dibawa ke pengadilan. (Foto: Astro AWANI)

Kuala Lumpur - Seorang influencer sekaligus Youtuber di Malasysia diseret ke pengadilan dengan tuduhan membunuh seorang wanita yang juga pacarnya dalam sebuah insiden awal bulan ini.

Terdakwa, Abdul Jamal Ahmad, 23, didakwa menyebabkan kematian Nur Diyanah Haris, 21, di sebuah rumah di No. 12A, Masjid Kampung Lintang, Teluk Kumbar di sini, antara jam 9 pagi sampai jam 5 sore pada tanggal 3 April.

Namun, tidak ada pengakuan yang dicatat karena kasus pembunuhan berada di bawah yurisdiksi Pengadilan Tinggi dan terdakwa hanya mengangguk begitu dakwaan terhadapnya dibacakan di depan Hakim Nur Fadrina Zulkhairi.

Abdul Jamal didakwa berdasarkan Bagian 302 KUHP yang mengatur hukuman mati.

Kasus tersebut ditangani oleh Wakil Jaksa Penuntut Umum Nurul Atikah Asharaf Ali sedangkan terdakwa tidak didampingi pengacara.

Pengadilan juga menetapkan 13 Juli sebagai tanggal penyebutan ulang sambil menunggu hasil otopsi.

Sementara itu, tiga teman terdakwa lainnya, termasuk YouTuber lainnya, dibebaskan dengan jaminan masing-masing RM20.000 dengan satu penjamin.

Sebelumnya, Abdul Jamal yang mengenakan kaus oblong hitam tiba di pengadilan sekitar pukul 08.00 WIB bersama tiga temannya, Jumat (15/4/2022).

YouTuber yang dibebaskan dengan jaminan itu terlihat menangis usai bertemu dengan anggota keluarganya di halaman pengadilan.

Media sebelumnya melaporkan bahwa empat pria, termasuk dua YouTuber, ditangkap awal bulan ini sehubungan dengan kematian seorang wanita yang juga kekasih terdakwa.

Penangkapan dilakukan setelah polisi menerima laporan dari dokter di Rumah Sakit Balik Pulau tentang pasiennya yang tidak sadarkan diri dan kritis pada 2 April.

Pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak rumah sakit menemukan bahwa di sekujur tubuh korban terdapat memar lama dan baru.
Korban dirujuk ke Rumah Sakit Penang dan dinyatakan meninggal pada hari yang sama.

Sebelumnya, wanita yang dikabarkan mengalami luka serius itu diduga dipukuli oleh pacarnya setelah mereka bertengkar yang diduga dilatarbelakangi rasa cemburu.

Korban, yang diketahui berasal dari Melaka, dan pacarnya telah tinggal di rumah kontrakan temannya sejak tiba di Penang pada 27 Maret, untuk video di situs YouTube mereka.

(dod)