WHO Lacak Dua Subvarian Omicron Baru BA.4 dan BA.5

WHO Lacak Dua Subvarian Omicron Baru BA.4 dan BA.5

WHO tengah memantau subvarian baru dari Omicron yaitu BA.4 dan BA.5. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/franckreporter)

Jakarta, Batamnews - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini tengah melacak beberapa kasus dua subvarian baru dari varian Omicron. Kedua subvarian baru tersebut adalah BA.4 dan BA.5.

Hal ini dilakukan untuk melihat apakah kedua subvarian baru dari Omicron ini lebih menular atau berbahaya dari subvarian yang ada sebelumnya.

"Kami mulai melacak mereka (BA.4 dan BA.5) karena mutasi tambahan yang perlu dipelajari lebih lanjut untuk memahami dampaknya pada potensi pelarian kekebalan," kata WHO yang dikutip dari Channel News Asia, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Varian Baru Corona Omicron XE Terdeteksi di Thailand

"Hanya beberapa lusin kasus BA.4 dan BA.5 yang telah dilaporkan ke database GISAID global," ungkapnya.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan, pekan lalu kasus BA.4 sudah ditemukan di Afrika Selatan, Denmark, Botswana, Skotlandia, dan Inggris, dari 10 Januari hingga 30 Maret. Sementara kasus BA.5 ditemukan di Afrika Selatan pada minggu lalu.

Namun, pada Senin (11/4/2022), Kementerian Kesehatan Botswana melaporkan telah mengidentifikasi empat kasus BA.4 dan BA.5.

Kasus tersebut dialami oleh orang-orang yang berusia 30-50 tahun dan telah divaksinasi penuh. Sejauh ini, para pasien hanya mengalami gejala ringan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews