Booster Covid Rendah, Rudi Keluarkan SE Percepatan Vaksinasi di Batam

Booster Covid Rendah, Rudi Keluarkan SE Percepatan Vaksinasi di Batam

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Berdasarkan data yang terhitung pada 6 April 2022, vaksinasi ketiga atau booster di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) baru tercatat sebanyak 307,167 dosis dengan persentase 38,914 persen dari total 789,451 dosis.

Hal itu membuat Pemerintah Kota (Pemko) setempat gencar mengupayakan masyarakatnya menerima vaksin dosis lanjutan tersebut.

Dari situ, Walikota Batam, Muhammad Rudi menginstruksikan seluruh pimpinan OPD, Camat sampai RT/RW se-Kota Batam agar memberikan informasi ke masyarakat untuk segera di booster.

Baca juga: Update Corona Hari Ini: Positif Corona Muncul Lagi, 17 Kasus Aktif di Batam

Perintah Rudi tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster) di Kota Batam.

"Vaksinasi booster harus dipercepat demi pengendalian dan penanganan Covid-19 di Batam," kata Rudi, Jumat (8/4/2022).

Dalam edaran itu, dia menegaskan bahwa sesuai dengan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tanggal 2 April 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pelaku Perjalanan Orang Dalam Negeri (PPDN).

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Vaksinasi di Batam 9-17 April 2022 

"Yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen," ujarnya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) hingga puskesmas juga diminta agar meningkatkan pelayanan vaksinasi booster dengan melakukan penjadwalan pelaksanaan di tempat yang ditentukan.

"Fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik dan unit pelaksanan yang ditunjuk agar meningkatkan pelayanan vaksinasi. Pelaksanaannya juga harus tertib, memastikan ketersediaan vaksin, tenaga medis yang bertugas dan sarana pendukung lain," kata Rudi.

Kepada pimpinan wilayah seperti camat, lurah, RT/RW agar dapat berkoordinasi dengan Dinkes atau penyedia fasilitas kesehatan di Batam perihal arahan ke masyarakat untuk di booster.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews