Aturan Baru Perjalanan Udara, Wajib Pakai Masker 3 Lapis

Aturan Baru Perjalanan Udara, Wajib Pakai Masker 3 Lapis

Bandara Hang Nadim, Batam.

Batam, Batamnews - Pelaku perjalanan menggunakan moda transportasi udara kini wajib memenuhi sejumlah ketentuan terkait protokol kesehatan.

Diantaranya, penggunaan masker tiga lapis dan wajib menggantinya secara berkala setiap empat jam sekali, hingga tidak diperkenankan untuk berbicara melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan.

Ketentuan ini mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan (Menhub) No 36 Tahun 2022 tentang Petunjuk Perjalanan Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19 diberlakukan per tanggal 5 April 2022.

Aturan perjalanan ini merupakan penyesuaian terhadap aturan perjalanan sebelumnya serta menyesuaikan dengan Surat Edaran Satgas Nomor 16 Tahun 2022 yang telah diterbitkan untuk mengantisipasi pergerakan penumpang selama masa mudik Idulfitri 1443 H.

General Manager Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Bambang Soepriono mengatakan bahwa aturan penggunaan masker tiga lapis itu merupakan standar dalam penerapan protokol kesehatan (prokes).

"Itu wajar saja, karena itu memang standarnya," ujarnya saat dihubungi via telepon, Selasa (5/4/2022).

Baca: Syarat Mudik 2022 Naik Pesawat, Cek Selengkapnya!

Soal penerapan aturan tersebut, diakuinya sejauh ini tidak ada kendala. Para penumpang pun tertib dalam mengikuti aturan yang berlaku.

"Ini hari pertama penerapannya, jadi tak ada kendala apapun. Para penumpang juga taat aturan," kata Bambang.

Sementara, berdasarkan data dari pihak BUBU Hang Nadim Batam, arus penumpang hingga saat ini menurun.

Terhitung hingga 4 April kemarin, total penumpang di Bandara Hang Nadim ada sebanyak 7.747. Detailnya, ada 3.919 kedatangan dan 3.828 keberangkatan.

Sementara pada saat sebelum Ramadan, tepatnya tanggal 1 April lalu, terjadi kenaikan jumlah penumpang. 

Dimana total keseluruhan sebanyak 10.482 penumpang dengan jumlah keberangkatan ada 5.522 dan kedatangan ada 4.960 orang. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews