Pemerintah Umumkan Kenaikan Harga Pertamax Sore Ini

Pemerintah Umumkan Kenaikan Harga Pertamax Sore Ini

Ilustrasi.

Jakarta - Teka-teki kenaikan harga BBM Pertamax akhirnya terjawab. Rencananya, kenaikan harga bensin non subsidi dengan RON 92 tersebut akan diumumkan pada sore hari ini, Kamis (31/3/2022).

"Kita tunggu nanti sore," kata Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, dilansir kumparan

Alfian belum memastikan berapa harga baru yang akan dipatok untuk Pertamax. Dia mengakui Pertamina masih menjual di bawah keekonomian meskipun harga BBM Pertamax naik ke kisaran Rp 12.000 per liter.

"Kita lebih melihat ke konsumen," ujarnya.

Kementerian ESDM telah menetapkan harga keekonomian atau batas atas harga BBM RON 92 setara Pertamax bulan ini sudah mencapai Rp 14.526 per liter. Bahkan pada April harganya diprediksi menembus Rp 16.000 per liter.

Kenaikan harga minyak mentah dunia menjadi salah satu pertimbangan ditetapkannya rencana kenaikan harga Pertamax. Sebab, harga minyak Indonesia atau IPC saat ini sudah jauh di atas asumsi makro APBN 2022.

Pada Februari 2022 saat konflik Rusia dan Ukraina meledak, rata-rata Februari 2022 sebesar USD 95,7 per barel. Kini, ICP kemarin mencapai USD 114,55 per barel. Sedangkan dalam asumsi makro APBN 2022, harga ICP dipatok hanya USD 63 per barel.
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews