Minyak Goreng Mahal, Berikut Ini 5 Cara Menggoreng Tanpa Minyak

Minyak Goreng Mahal, Berikut Ini 5 Cara Menggoreng Tanpa Minyak

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Batam - Minyak goreng harganya kini menyentuh Rp 50 ribu untuk dua liter. Melambungnya komoditas rumah tangga itu membuat warga kelimpungan. 

Hal ini cukup beralasan mengingat kebiasaan dan kesukaan sebagian besar orang yang suka menikmati kudapan hasil digoreng.

Tak adanya solusi atas mahalnya minyak goreng ini, mau tak mau konsumen dituntut untuk lebih kreatif. Masih ada beberapa cara mengolah makanan yang tak kalah nikmat. 

Berikut sejumlah cara menggoreng tanpa minyak seperti dikutip Batamnews dari Popmama.com:

1. Menggunakan air fryer

Salah satu peralatan masak yang sedang banyak digandrungi adalah air fryer. Menggunakan ini, kamu bisa mendapat hasil masakan yang seperti digoreng, hanya saja tanpa minyak. 

Cara kerja air fryer adalah mengalirkan udara panas secara cepat dan mengelilingi makanan yang ditempatkan di dalam keranjangnya. Sirkulasi seperti ini membuat makanan menjadi renyah di bagian luarnya, layaknya digoreng. 

Dengan setting yang tersedia, kamu bisa 'menggoreng' kentang hingga ayam. Mantap, deh!

2. Menggunakan wajan anti lengket

Tak punya air fryer? Bisa gunakan wajan saja, kok!

Kamu bisa menggunakan wajan anti lengket dari teflon, besi berlapis enamel, atau titanium keramik. 

Selain teflon, kamu bisa juga menggunakan wajan dengan stone coating untuk mendapatkan hasil yang anti lengket. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan hasil masakan tanpa minyak yang renyah namun tidak merusak bentuknya. 

Apalagi jika kamu memasak protein hewani yang sudah mengandung minyak bawaan seperti ikan dengan lemak di perut, atau ayam dengan kulit, dan daging sapi dengan guratan lemak. Itu semua bisa meleleh dan jadi minyak alami untuk digunakan. 

Selanjutnya...

 
 

3. Menggunakan oven

Bisa dibilang, menggunakan oven sering digunakan mereka yang ingin hasil garing di luar namun tak mau menggorengnya dengan minyak. 

Kamu bisa menghasilkan keripik kentang yang garing dengan memanggangnya. Begitu juga jika ingin membuat ayam dengan bagian luar nan garing, masukkan di oven dan setting waktu yang sesuai. 

Mudah dan bisa dikreasikan sepuasnya!

4. Pakai kertas baking

Saat hendak memanggang kue, kamu biasanya menggunakan baking paper atau kertas baking agar tidak lengket dengan wadahnya. 

Nah, kertas ini bisa juga dijadikan alas untuk memasak sesuatu dan hasilnya akan seperti digoreng. Seperti contoh, kamu bisa menempatkan udang, tahu, atau tempe di atas wajan yang dilapisi kertas baking dan mendapatkan hasil yang mirip dengan digoreng. 

5. Menggunakan alas daun pisang

Yang satu ini adalah cara tradisional yang telah dilakukan sejak lama. Kamu hanya perlu wajan dan lapisi dengan daun pisang segar. Pastikan sudah dicuci bersih dahulu, ya!

Alas ini bisa digunakan untuk menggoreng seperti bakwan atau tempe goreng tepung. Teksturnya memang tidak bisa segaring saat digoreng minyak, namun cukup mendekati. 
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews