Kemensos Gelontor Bantuan untuk Warga Suku Laut di Batam

Kemensos Gelontor Bantuan untuk Warga Suku Laut di Batam

Warga Suku Laut Batam menerima bantuan dari Kementerian Sosial RI. (Foto: ist)

Batam - Warga Suku Laut Bertam, Gara dan Lingka di Pulau Bertam, Batam, Kepulauan Riau mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial, Kamis (30/12/2021).

Kemensos juga menggelontorkan dana sebesar Rp 400 juta untuk 16 kelompok Suku Laut.

Direktur Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil Kemensos RI, Muhammad Syafii Nasution menyampaikan bantuan kali ini merupakan stimulan usaha peningkatan hasil tangkap ikan, berupa peralatan nelayan dan pengolahan ikan. Total bantuannya sebesar Rp 400 juta untuk 16 kelompok.

"Setiap kelompok mendapat Rp25 juta," terang Syafii.

Lebih lanjut ia merinci, pertama yakni untuk satu Kelompok Usaha Pembuatan Kue, berupa oven, blender, mesin kukus, kompor gas. Sedangkan kedua untuk 15 kelompok untuk usaha peningkatan hasil tangkap ikan. Setiap paketnya, berupa jaring, mesin tinting, sampan, pancing dan lain-lain.

"Ini hasil analisa tim kami sebelumnya di lapangan, bahwa masyarakat pulau Bertam, Gara dan Lingka mata pencahariannya adalah nelayan. Untuk itu membutuhkan jaring, motor tempel juga baterai," imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan ini akan berlanjut. Tim Kemensos akan melakukan pemetaan lagi. Sembari program bantuan yang dimiliki Kemensos seperti PKH, BPNT (e-Warong) juga BST berjalan.

"Tentu dalam melaksanakan kegiatan kami bersinergi dengan pemerintah daerah. Kami akan laporkan hasil analisa kami, ke Ibu Mensos Tri Rismaharini dan secara berkelanjutan tim akan turun di pulau ini," kata dia.

Selain itu, lanjut Syafii, pihaknya juga telah melakukan diskusi dengan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM). Hal ini guna mensinergikan program juga menganalisa program tersebut, apakah tepat sasaran atau tidak.

Sementara, Wali Kota Batam Muhammad Rudi kembali menyampaikan komitmen bahwa pemerintah akan tetap hadir pada setiap upaya mensejahterakan masyarakat.

"Suku laut kita perhatikan dan seluruh masyarakat Kota Batam akan kami ayomi," ucap Rudi, yang menyerahkan bantuan Kemensos tersebut.

(*)


Berita Terkait