Damkar Ungkap Penyebab Kebakaran Devon Minimarket di Natuna

Damkar Ungkap Penyebab Kebakaran Devon Minimarket di Natuna

Kebakaran Devon Minimarket di Natuna. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Kebakaran menghanguskan Devon Minimarket di Kota Ranai, Kabupaten Natuna, Rabu (8/12/2021) dini hari.

Tim pemadam kebakaran berjibaku melakukan proses pemadaman. Pihak damkar mencatat laporan dari pemilik minimarket jika kerugian ditaksir miliaran rupiah.

Baca juga: Kronologi Kebakaran Hanguskan Minimarket di Natuna 

Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Natuna, Syawal Saleh menduga penyebab kebakaran dari hubungan arus pendek listrik.

“Dugaan sementara akibat hubungan arus pendek listrik. Kerugian mencapai miliaran rupiah, karena api juga sempat menjalar ke ruko di sebelahnya yang juga merupakan toko material bangunan," ujarnya.

TNI/Polri dan Basarnas berhasil memadamkan api setelah berjibaku selama 4 jam.

"Ada kesulitan petugas pemadam kebakaran untuk menjinakkan api karena titik awal api beranda di bagian belakang lantai dua, karena akses ke belakang sulit sehingga api dengan cepat membesar," sebutnya.

Berdasarkan keterangan para saksi, Api diketahui mulai membakar bangunan minimarket itu sekitar pukul 03.00 WIB sebelum petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi pukul 04.00 WIB pagi. 

Baca juga: Minimarket di Natuna Terbakar, Sempat Terdengar Ledakan

Enam mobil pemadam kebakaran dikerahkan dalam kejadian tersebut, terdiri dari 3 unit mobil pemadam kebakaran dari Disdamkar, dibantu 2 unit mobil pemadam kebakaran dari Lanal Ranai, dan 1 unit mobil pemadam kebakaran dari Lanud RSA.

Selain itu, petugas pemadam kebakaran juga dibantu sejumlah mobil tanki penyumplai air dari pihak PDAM, Dinas Perkim, dan Water Canon dari Polres Natuna.

(Yan)