Gunung Semeru Meletus Luncurkan Awan Panas, Lumajang Gelap Gulita

Gunung Semeru Meletus Luncurkan Awan Panas, Lumajang Gelap Gulita

Warga di sebuah desa Kabupaten Lumajang berlarian dengan latar belakang Gunung Semeru yang meletus. (Foto: Twitter)

Lumajang - Gunung Semeru di Jawa Timur meletus dan mengeluarkan awan panas guguran awan panas hingga sejauh 1 kilometer pada Sabtu (4/12/2021).

Detik-detik awan panas Gunung Semeru terekam kamera ponsel warga setempat dan viral di media sosial. Seperti unggahan video di akun Instagram @lumajangsatu.

Tampak awan pekat membumbung ke arah permukiman. Sontak hal itu membuat panik warga. Sebagian bahkan lari berusaha menjauh dari luncuran awan panas tersebut.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyebut gunung tertinggi di Jawa itu meletus sekira pukul 15.00 WIB.

"Letusan mirip tahun lalu," kata Thoriq dilansir detikcom.

Akibat letusan ini, hujan abu mengguyur sejumlah wilayah. Suasana di Kabupaten Lumajang yang berdekatan dengan Semeru berubah seperti malam hari.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat di sekitar Gunung Semeru, Jawa Timur untuk segera melakukan evakuasi agar aman dan selamat.

Melalui unggahan instagram pribadinya di @khofifah.ip, Khofifah mengaku sudah mendapatkan video yang memperlihatkan situasi Gunung Semeru saat erupsi. 

"Video serupa saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat," tulis Khofifah dalam keterangan unggahan tersebut. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews