Syarat Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Keliling Berikut Jadwalnya

Syarat Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Keliling Berikut Jadwalnya

Layanan Samsat keliling di Batam. (Foto: dok Batamnews)

Batam, Batamnews - Layanan Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling, adalah salah satu upaya Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah atau BP2RD Provinsi Kepri berusaha meningkatkan sektor penerimaan pajak.

Santi, salah satu petugas layanan Samsat Keliling yang berada di depan Maha Vihara Maitreya, Batam Kota mengatakan, untuk jadwal operasional mobil Samsat Keliling di kawasan tersebut berlangsung pada hari Senin hingga Jumat.

"Jam operasional kami dari pukul 09.00 wib hingga pukul 16.00 Wib mas," ujarnya, Selasa (23/11/2021).

Untuk transaksi yang dapat dilakukan di sana, seperti pembayaran pajak kendaraan bermotor, penerbitan STNK atau pajak kendaraan tahunan, dan perpanjangan STNK.

Namun sebelum bertransaksi, masyarakat wajib untuk mengetahui beberapa persyaratan, diantaranya membawa STNK asli dan fotokopi, membawa KTP asli pemilik kendaraan, BPKP asli dan fotokopi, tidak memiliki tunggakan kurun waktu satu tahun, dan juga membawa surat kuasa apabila pembayaran dilakukan oleh keluarga atau pihak ketiga.

Untuk biayanya Santi juga menyebutkan bahwa perpanjangan STNK, dikenakan biaya Rp 100 ribu. Pengesahan STNK Mobil dikenakan biaya Rp 50 ribu per tahun, dan pengesahan STNK Motor dikenakan biaya Rp 25 ribu.

"Yang pasti semua syarat nya wajib untuk dibawa, dan syarat lain adalah STNK tidak boleh mati pajak kurun waktu dua tahun belakangan," katanya.

Keberadaan Samsat Keliling ini tidak hanya ada di kawasan Vihara Batam Center, berikut beberapa lokasi dan jadwal mobil Samsat Keliling di Batam, Kepulauan Riau.

Wilayah Batam Center: Area Ruko King Business Centre (KBC).

Wilayah Sungai Panas: Depan Vihara Maitreya

Wilayah Nagoya dan sekitarnya: Area Mal Nagoya Hill.

Masyarakat Batam juga dapat mendatangi beberapa lokasi Samsat Corner yang berada di beberapa pusat perbelanjaan seperti

Samsat Corner Harbourbay, Batuampar Batam, dengan jadwal operasional mulai dari hari Senin - Minggu dari pukul 11.00 WIB -14.00 WIB.

Samsat Corner BCS Mall Batam, dari hari Senin-Minggu sejak pukul 11.00 WIB -14.00 WIB.

Samsat Corner Kepri Mall, dari hari Senin-Selasa dari pukul 10.00 WIB -17.00 WIB.

Samsat Corner Tiban, dari hari Senin-Minggu sejak pukul 11.00 WIB - 17.00 WIB.

Samsat Corner Mega Mall, dari hari Senin - Minggu sejak pukul 10.00 WIB - 15.00 WIB.

(ude)

Berita Terkait