Malaysia Buka Pintu untuk Wisatawan Asing Mulai 1 Januari 2022

Malaysia Buka Pintu untuk Wisatawan Asing Mulai 1 Januari 2022

Ilustrasi. (Foto: AFP)

Kuala Lumpur - Malaysia berencana membuka kembali perbatasannya untuk warga asing selambat-lambatnya 1 Januari 2022 mendatang.

Langkah ini sebagai upaya untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata Negeri Jiran itu yang babak belur akibat pandemi Corona.

Negara Asia Tenggara itu secara bertahap membuka kembali ekonominya dalam beberapa pekan terakhir karena tingkat infeksi virus corona telah menurun di tengah program vaksinasi yang ditingkatkan.

Lebih dari tiga perempat dari 32 juta penduduk Malaysia telah divaksinasi, menurut statistik pemerintah. Demikian dilansir AsiaOne, Jumat (12/11/2021).

Mantan perdana menteri Muhyiddin Yassin, yang mengetuai dewan yang bertugas mempelopori program pemulihan ekonomi Malaysia, mengatakan kepada wartawan bahwa industri pariwisata pulih terlalu lambat tanpa orang asing dan mencatat bahwa operator membutuhkan waktu untuk melanjutkan bisnis.

Namun, ia menegaskan langkah-langkah pengendalian infeksi seperti tes Covid-19 akan tetap dilakukan, dengan otoritas untuk menentukan masuk berdasarkan situasi Covid-19 di negara asal, dan faktor lainnya.

Dia tidak menyatakan kapan tanggal pasti untuk pembukaan kembali akan diumumkan, tetapi mengatakan keputusan itu masih dirinci oleh badan-badan kesehatan dan keamanan.

Malaysia pekan ini mengumumkan akan meluncurkan jalur perjalanan yang divaksinasi dengan negara tetangga Singapura pada 29 November, memungkinkan perjalanan bebas karantina untuk orang-orang yang disuntik antara kedua negara.
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews