Jangan Minum Es Usai Konsumsi Makanan Pedas, Berikut Saran Pakar Kuliner

Jangan Minum Es Usai Konsumsi Makanan Pedas, Berikut Saran Pakar Kuliner

Ilustrasi. (Foto: Dreamstime)

Jakarta - Mengonsumsi makanan pedas memang menghadirkan sensasi tersendiri bagi pecinta kuliner. Namun tak jarang, efek yang ditimbulkan sering membuat kelabakan.

Saat sudah tak kuat, segala cara dilakukan untuk menghilangkan sensasi pedas di lidah. Salah satunya adalah dengan minum air dingin atau es.

Namun ternyata menurut Pakar Kuliner William Wongso, menghilangkan pedas dengan minum air dingin bukan pilihan yang tepat.

Kata William, minum air dingin usai mengonsumsi makanan pedas hanya membuat tenggorokan mengecil, dan akan menyulitkan rasa pedas hilang.

"Jangan konsumsi air dingin karena akan menangkap rasa pedas dan membuat sistem tenggorokan menciut, bahkan sulit bernapas," ujar William dikutip Batamnews dari Suara.com, Sabtu (6/11/2021).

Bahkan kata William, minum air dingin akan memperparah kondisi orang yang tersedak akibat mengonsumsi makanan pedas, dan menyiksa orang tersebut karena tenggorokan semakin menciut.

Maka, chef yang ahli memasak beraneka macam rendang itu menyarankan untuk mengonsumsi air hangat atau air dengan suhu tubuh untuk menghilangkan pedas.

Menurut William, selain membuat tenggorokan lebih mudah rileks, rasa pedas di lidah juga akan menghilang akibat paparan air hangat.

"Cara terbaik air yang cukup panas untuk hilangkan rasa pedas," pungkasnya.

Sementara itu mengutip Hello Sehat, ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pedas, seperti sebagai berikut:

 

1. Minum susu
Susu dianggap dapat meredakan rasa pedas di mulut berkat protein di dalamnya yang disebut kasein. Kasein dalam susu ternyata bisa membantu memecah capsaicin pada cabai.

2. Makan nasi
Nasi atau roti termasuk sumber karbohidrat dengan pati yang memberikan sensasi ‘kasar’ di mulut. Saat makan nasi atau roti, reseptor lidah akan menangkap sinyal berbeda. Sensasi kasar yang dimunculkan mengecoh reseptor sehingga tidak lagi mendeteksi rasa pedas di lidah.

3. Konsumsi gula atau madu
Ada yang disebut skala scoville, yaitu ukuran kepedasan makanan berdasrkan jumlah air gula yang dibutuhkan untuk menghilangkan pedas. Air gula ini dapat menghilangkan kepedasan cabai hingga tingkat yang tidak terdeteksi.