Pilkada Kepri 2015

KPU Karimun Kerahkan Ibu-ibu Lipat Kertas Suara

KPU Karimun Kerahkan Ibu-ibu Lipat Kertas Suara

Ibu-ibu melakukan pelipatan kertas suara di KPU Karimun. (Foto: Yon)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Pelipatan kertas suara mulai dilakukan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun hari ini. Pelipatan melibatkan 60 orang pekerja yang terdiri dari wanita.

Pelipatan suara itu dimulai dengan kertas suara  calon gubernur dan wakil gubernur Kepri. Logistik surat suara yang tiba Kamis 29 Oktober lalu dari KPU Provinsi Kepri sebanyak 25 kotak.

Total keseluruhan mencapai 178.462 lembar sebelum disortir.

“Setelah disorti tinggal 178.487 lembar, ada sekitar 30 lembar yang diragukan. Diantaranya, 28 lembar ada ebkas tinta, kemudian 2 surat suara sobek. 28 lembar dilaporkan ke KPU Provinsi,''  ujar Ahmad Sulton, Ketua KPU Karimun.

Lanjutnya, surat suara Pilgub ini berukuran 18x23 centimeter, sehingga dalam pelipatannya hanya dua kali. Dengan demikian, waktu yang dibutuhkan untuk satu surat suara sekitar 30 detik  bagi petugas pelipat. Sedangkan, petugas pelipatan surat suara rata-rata didominiasi wanita.

“Seperti sebelum-sebelumnya, ibu-ibu kita libatkan untuk menjadi petugas pelipatan surat suara. Biasanya, mereka rapih dan cekatan. Untuk satu ikat surat suara kita tetapkan sebanyak 25 lembar,” katanya.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews