Terungkap! RI Kebobolan Varian Delta dari Angkutan Barang via Laut

Terungkap! RI Kebobolan Varian Delta dari Angkutan Barang via Laut

Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, Batamnews - Terungkap bahwa Indonesia kebobolan virus Corona (COVID-19) varian Delta dari pintu masuk laut, yakni kapal angkutan barang dari India yang memasuki pelabuhan Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Indonesia bisa terpapar karena kru angkutan barang dari India turun dari kapalnya sehingga menularkan COVID-19 varian Delta hingga akhirnya menyebar.

"Kita bisa lihat bahwa pintu masuk kemarin Delta kita agak kebobolan karena kita lupa menjaga dari sisi lautnya, sehingga banyak kapal-kapal pengangkut barang yang masuk ke Indonesia dari India, krunya pada saat mendarat diizinkan turun sehingga menularkan," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (13/9/2021).

Sementara dari pintu masuk udara, alias pesawat dijelaskan Budi sudah berjalan dengan baik, mulai dari entry test hingga exit test yang dilakukan terhadap penumpang.

"Dari sisi pintu masuk udara relatif memang tesnya lebih baik, jadi entry test-nya dilakukan lebih baik, sudah hampir semua bandara kecuali Bandara Kualanamu yang bagus testing-nya, walaupun entrinya baik tapi masih ada catatan adalah exit test yang dilakukan sesudah masa karantina," tuturnya.

Pintu masuk via laut dan darat yang menurutnya perlu diperhatikan dengan ketat, yakni dari sisi testing terhadap orang-orang yang masuk terutama di daerah yang arus lalu lintasnya tinggi. Contohnya untuk jalur darat ada di Motaain, Kupang, serta Kalimantan Utara karena banyak yang masuk dari Malaysia.

"Sedangkan di laut ini ada beberapa contohnya yang harus segera kita perbaiki terutama dari Batam karena banyak yang masuk di sana. Tapi kita juga nanti akan memonitor pernah masuk kemarin dari Dumai dan juga dari Cilacap, pada saat itu masuknya Delta dari sana," tambahnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews