Update Corona Batam: Tinggal Dua Kelurahan Berstatus Zona Oranye

Update Corona Batam: Tinggal Dua Kelurahan Berstatus Zona Oranye

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Kasus Corona di Kota Batam, Kepulauan Riau masih fluktuatif meski terus menunjukkan tren penurunan. Kondisi ini berpengaruh pada zonasi persebaran kasus.

Zona merah menghilang dari 64 kelurahan pada 12 kecamatan di Batam. Zona kuning kini mendominasi.

Pada Sabtu (4/9/2021), tercatat tinggal dua kelurahan yang masih berstatus zona oranye yakni Belian di Batam Kota dengan 14 kasus dan Tanjung Riau di Sekupang dengan 13 kasus aktif.

Sementara zona kuning tersemat di 38 kelurahan. Sedangkan zona hijau juga mulai bermunculan tak hanya di kawasan pulau sekitar Batam, namun juga mainland.

Ada 22 kelurahan yang berada di zona hijau, diantaranya yakni Batu Merah dan Kampung Seraya di Batuampar, Ngenang dan Sambau di Nongsa, Bengkong Laut di Bengkong dan sejumlah kelurahan di kawasan hinterland.

Pada level kecamatan, tercatat ada empat kecamatan yang berada di zona merah yakni Batam Kota, Batuaji, Sagulung dan Sekupang.

Adapun Kecamatan Lubuk Baja dan Sei Beduk bergeser ke zona oranye.

Sementara di zona kuning ada Kecamatan Batuampar, Bengkong, Nongsa, Bulang, Galang dan Belakangpadang.

Kasus Harian

 

Tim Satgas Covid-19 Kota Batam melaporkan 13 kasus pada hari ini. Kasus aktif tercatat 178 atau 0,69 persen dari akumulasi sebanyak 25.581 kasus.

Untuk pasien sembuh dilaporkan bertambah 22 orang. Tingkat kesembuhan kini menyentuh 96,1 persen atau 24.585 orang.

Sedangkan kasus kematian bertambah 1 orang dan menjadikan tingkat kematian berada di kisaran 3,19 persen atau 818 orang.

Perkembangan kasus harian juga berimbas pada menurunnya jumlah pasien isolasi dan pasien yang dirawat di rumah sakit.

Hingga hari ini, dari 178 kasus aktif terdapat 119 orang yang menjalani isolasi, di mana 36 orang berada di karantina mandiri Asrama Haji Batam.

Kuantitas pasien yang dirawat di berbagai rumah sakit rujukan juga mengalami penurunan.

Seperti di RS Bhayangkara merawat 2 pasien, RS Awal Bros merawat 9 pasien, RS Budi Kemuliaan 4 orang, RS Graha Hermine 6 orang.

Kemudian, RS Camatha Sahidya 1 orang, RSUD Embung Fatimah 10 pasien, RS Elisabeth Batam Kota 4 pasien, RS Keluarga Husada 1 orang, RSKI Galang 1 orang.

Lalu RS Elisabeth Sei Lekop 2 pasien, RS Elisabeth Lubuk Baja 12 pasien dan RSBP Batam 6 pasien.

(ret)