Cerita Peserta SKD CPNS Batam, Dimotivasi Keluarga Hingga Bisa Langsung Lihat Nilai

Cerita Peserta SKD CPNS Batam, Dimotivasi Keluarga Hingga Bisa Langsung Lihat Nilai

Peserta SKD CPNS Batam dicek suhunya sebelum memasuki ruangan tes. (Foto: Yude/batamnews)

Batam, Batamnews - Cuaca mendung disertai hujan tak menyurutkan semangat peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Mereka mendatangi Gedung Bersama Pemko Batam, di kawasan Batam Centre, pada Kamis (2/9/2021), untuk mengadu nasib memperebutkan 295 formasi CPNS yang tersedia.

Dari pantauan di lokasi, proses registrasi peserta untuk mengikuti ujian berjalan dengan lancar dan kondusif serta menerapkan protokol kesehatan. Seperti pengecekan suhu tubuh kepada masing-masing peserta. 

Selain itu, di hari sebelumnya, para peserta tes CPNS juga sudah diwajibkan menjalani pemeriksaan rapid test antigen.

Baca: Peserta Tes CPNS Batam Bisa Tes Antigen Gratis di Puskesmas Terdekat

Salah seorang peserta CPNS yang telah mengikuti ujian, bernama Nurul Fazira (24), mengakui, baru pertama kali mengikuti seleksi CPNS ini.

"Awalnya iseng ikut (seleksi CPNS) ini. Tapi kemudian diberi motivasi juga sama suami dan keluarga, jadinya sampai ke tahap ini," ujar Nurul.

Beberapa hari sebelum mengikuti ujian SKD, Nurul sudah melatih diri dengan mengerjalan soal-soal try out (TO) CPNS yang banyak diperolehnya di website online. 

Dengan begitu, Nurul merasa soal-soal yang keluar dalam ujian seleksi kali ini masih bisa diatasi, meskipun cukup sulit.

Baca: SKD CPNS Batam, 5.713 Orang Perebutkan 295 Formasi

Peserta lainnya, bernama Meylinda (26) yang mendaftar sebagai Diplomat di Kementerian Luar Negeri juga mengakui kalau soal-soal ujian SKD kali ini cukup menantang.

"Enak sih ngerjain soalnya, lewat komputer gitu, lancar dan nggak ada nge-lag sama sekali. Ruang ujiannya juga nyaman, ber-AC, jadinya kita lebih fokus buat ngerjain," ujar Mey.

Mey menerangkan, ada tiga materi SKD yang dihadapinya selama waktu ujian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai passing grade 65; Tes Intelegensia Umum (TIU) dengan passing grade 80 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan passing grade 166.

"Pas selesai ujian, langsung keluar nilainya di komputer. Alhamdulillah nilai saya lolos passing grade. Tapi kan nanti diurutin lagi siapa yang lebih tinggi nilainya," ujar Mey.

Pelaksanaan SKD berlangsung selama 17 hari dari tanggal 2 hingga 18 September 2021.

Seleksi ini diikuti 5.713 orang yang dinyatakan lolos, dari 7.983 orang yang mendaftar di Kota Batam.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews