Vaksin Pfizer Tiba Indonesia, Ini Kalangan yang Menjadi Prioritas Penerima

Vaksin Pfizer Tiba Indonesia, Ini Kalangan yang Menjadi Prioritas Penerima

Ilustrasi.

Jakarta - Indonesia kedatangan 1.560.780 vaksin Pfizer di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Kamis, 19 Agustus 2021. Sasaran penerima vaksin tersebut akan ditujukan untuk anak-anak dan ibu hamil.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, vaksin Pfizer dapat digunakan mulai usia 12 tahun ke atas. Izin darurat penggunaan (Emergency Use Authorization/EUA) sudah dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Pemerintah indonesia menerima 1,5 juta dosis vaksin jadi Pfizer. Vaksin Pfizer telah menerima Emergency Use of Authorization dari Badan POM pada bulan Juli 2021. Kedatangan vaksin Pfizer ini tentunya dapat digunakan untuk masyarakat berusia 12 tahun ke atas," kata Wiku di Media Center COVID-19, Graha BNPB, ditulis Sabtu (21/8/2021).

Wiku juga meminta kepada pemerintah daerah apabila sudah memperoleh alokasi vaksin Pfizer dapat segera dimanfaatkan untuk vaksinasi sasaran kelompok yang dituju. 

"Kepada pemerintah daerah yang nanti mendapatkan alokasi vaksin Pfizer, diminta untuk dapat segera menggunakannya sehingga masyarakat di daerahnya dapat terlindungi dan meningkatkan cakupan program vaksinasi," ucapnya.