Amsakar: PPKM di Batam Sebentar Lagi Turun Level

Amsakar: PPKM di Batam Sebentar Lagi Turun Level

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Batam, Batamnews - Perkembangan kasus Covid-19 di Batam semakin melandai dalam beberapa waktu terakhir. Tak ada lonjakan kasus baru meski angka kematian harian belum bisa dinihilkan.

Hingga 18 Agustus 2021, jumlah kasus aktif mencapai 649 orang. Dalam satu pekan terakhir, rata-rata penambahan kasus harian mencapai 63 orang.

Sedangkan dilihat dari Bed Occupancy Rate (BOR) ruang isolasi Covid-19 di Batam tercatat 15,16 persen dari total 719 tempat tidur. Dan BOR untuk ruang intensive care unit (ICU) tercatat 42 persen dari total 50 tempat tidur.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan dengan perkembangan kasus Covid-19 tersebut, status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bisa turun dari level 3 ke level 2.

“Sebentar lagi level turun,” ujar Amsakar usai rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, Kamis (19/8/2021).

Baca: Batam Targetkan Nihil Kasus Corona dalam Dua Pekan

Seandainya Batam mengalami penurunan level PPKM, Amsakar mengingatkan masyarakat tidak abai terhadap protokol kesehatan (prokes).

“Jangan sampai teledor, jangan sampai abai prokes,” katanya.

Selain perkembangan kasus Covid-19 yang terus melandai, Amsakar menyebutkan jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, Provinsi Kepulauan Riau berada pada peringkat ketiga sebagai daerah dengan pelaksanaan vaksinasi tertinggi.

Kepri juga berada pada peringkat ketiga terendah, atau berada pada posisi ke-31 untuk provinsi dengan tingkat paparan Covid-19.

“Kita tahu 60 persen masyarakat Kepri, merupakan masyarakat Batam, dengan begitu penyebaran Covid-19 sudah mulai berangsur baik,” jelasnya.

Baca: Senangnya Rudi Vaksinasi di Batam Capai 73 Persen, Forkopimda Terima Penghargaan

Amsakar juga menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 ini akan terus berlangsung 5 tahun atau 10 tahun ke depan. Dengan begitu, maka akan dicari skema baru untuk beradaptasi kehidupan baru, baik dari sektor pendidikan, ekonomi maupun perkantoran.

Sebelumnya Presiden RI, Joko Widodo mengumumkan penerapan PPKM berbagai level akan berlangsung hingga 23 Agustus 2021. Kota Batam masih berada pada PPKM level III.

(ret)
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait