Taliban Datang, Ribuan Warga Eksodus dari Afghanistan

Taliban Datang, Ribuan Warga Eksodus dari Afghanistan

Warga memadati landasan pacu Bandara Hamid Karzai, Kabul untuk meninggalkan Afghanistan. (Foto: Twitter via Daily Mail)

Kabul, Batamnews - Ribuan warga memadati landasan pacu Bandara Hamid Karzai, Kabul untuk meninggalkan Afghanistan menyusul kedatangan militan Taliban pada Minggu (15/8/2021) malam.

Penduduk melaporkan tembakan sporadis di daerah bandara, titik utama evakuasi keluar dari Afghanistan, ketika pasukan AS membantu keberangkatan personel AS setelah Taliban memasuki ibu kota Afghanistan.

'Ada laporan tentang bandara yang terbakar; oleh karena itu kami menginstruksikan warga AS untuk berlindung di tempat," kata kedutaan AS dalam peringatan keamanan," demikian dilaporkan Daily Mail.

Seorang pejabat NATO mengatakan semua penerbangan komersial telah ditangguhkan dan hanya pesawat militer yang diizinkan beroperasi. 

Juru Bicara Kemenlu Afghanistan menyebut, pasukan Taliban datang ke Kota Kabul dari segala penjuru. Bahkan Presiden Ashraf Ghani sudah lebih dulu 'kabur' ke Tajikistan hari itu juga.

Taliban berhasil menguasai istana presiden di Ibu Kota Kabul setelah terlebih dahulu merebut berbagai ibu kota penting di Afghanistan.

Ini menandai berakhirnya perang Taliban dengan pasukan AS 20 tahun lalu atau usai serangan 11 September 2001 di AS.

Dari foto-foto kantor berita AFP, jalanan ibu kota Kabul tampak macet penuh dengan kendaraan ataupun warga yang panik. Sebagian besar ingin pulang maupun hendak ke bandara.

Sementara sejumlah kantor kedutaan sejumlah negara untuk Afghanistan tampak kosong tak perpenghuni. Mayoritas para diplomat luar negeri di Afghanistan telah lebih dulu dievakuasi.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews