Masuk Batam Via Hang Nadim Kini Wajib Tunjukkan Kartu Vaksinasi

Masuk Batam Via Hang Nadim Kini Wajib Tunjukkan Kartu Vaksinasi

Bandara Hang Nadim, Batam terlihat lebih lengang setelah tes GeNose tak lagi berlaku sebagai syarat penerbangan. (Foto: Reza/batamnews).

Batam, Batamnews - Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli mendatang. Kebijakan ini berlaku di provinsi dan kabupaten/kota di Jawa-Bali.

Namun demikian, sejumlah kota/kabupaten di provinsi non-Jawa-Bali menerapkan pengetatan PPKM skala Mikro, termasuk salah satunya Kota Batam, Kepulauan Riau

Penerapan kebijakan PPKM darurat di Jawa-Bali berdampak signifikan pada arus penumpang penerbangan di Bandara Hang Nadim, Batam.

Baca: 43 Kota Non Jawa-Bali Kena Pengetatan PPKM Mikro, Termasuk 4 Daerah Kepri

General Manager Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Benny Syahroni mengatakan jumlah penumpang pesawat turun drastis. 

Ia menyebutkan per hari, jumlah penumpang hanya 2 ribu per hari, dari biasanya kisaran 3 hingga 4 ribu di masa sebelum penerapan PPKM darurat.

“Perkiraan hanya 2 ribu orang per hari saja,” ujar Benny, Selasa (6/7/2021).

Selain penurunan jumlah penumpang, jumlah maskapai yang beroperasi juga turun signifikan. Jika biasanya ada 20-25 maskapai beroperasi, namun saat ini hanya sekitar 10-15 maskapai saja.

“Sekarang hanya tinggal separuhnya saja, kondisi ini sama seperti ketika lebaran tahun lalu,” kata dia.

Benny menambahkan setiap penumpang dari Jawa dan Bali yang masuk ke Batam harus menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19. Selain itu juga wajib menunjukkan hasil pemeriksaan PCR test dan rapid antigen.

“Wajib, hasil PCR dan antigen juga tetap harus ada,” kata dia.

Baca: Tak Ada Lagi Tes GeNose C19 di Bandara Hang Nadim Batam

Penerapan PPKM darurat di Jawa-Bali juga berimbas pada hilangnya layanan tes GeNose C19 di Bandara Hang Nadim. Sebab, tes Covid-19 dengan metode hirup kantong udara tak menjadi syarat perjalanan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews