Pesawat Hercules Milik Militer Filipina Jatuh, 45 Tentara Tewas

Pesawat Hercules Milik Militer Filipina Jatuh, 45 Tentara Tewas

Kobaran api menghanguskan pesawat Hercules milik militer Filipina yang jatuh pada Minggu kemarin. (Foto: The News 24)

Cotabato, Batamnews - Sedikitnya 45 orang tewas ketika sebuah pesawat militer Filipina yang membawa pasukan jatuh dan terbakar di selatan negara itu, pada Minggu (4/7/2021).

Sembilan puluh enam orang, kebanyakan dari mereka lulusan militer baru-baru ini, berada di dalam pesawat angkut Lockheed C-130 Hercules ketika kecelakaan itu terjadi ketika mencoba mendarat di Pulau Jolo, Provinsi Sulu sekitar tengah hari.

Departemen Pertahanan Nasional mengatakan dari 45 orang tewas, tiga warga sipil tewas di darat, sementara 53 terluka, termasuk empat warga sipil. Lima personel militer masih hilang.

"Sejumlah tentara terlihat melompat keluar dari pesawat sebelum menyentuh tanah, menyelamatkan mereka dari ledakan yang disebabkan oleh kecelakaan itu," kata Satuan Tugas Gabungan Sulu dalam sebuah pernyataan dilansir Channel News Asia.

Tidak segera jelas berapa banyak yang melompat atau apakah mereka selamat. Pasukan yang diangkut dalam pesawat itu rencananya dilibatkan dalam operasi kontra-pemberontakan.

"Ini adalah hari yang menyedihkan tetapi kita harus tetap berharap," kata komandan Satuan Tugas Gabungan Sulu Mayor Jenderal William Gonzales.

Foto-foto yang diambil oleh media lokal Pondohan TV dan diposting di halaman Facebook mereka menunjukkan bangkai pesawat yang dilalap api. Kepulan asap hitam tebal membumbung di atas rumah-rumah yang terletak di dekat lokasi kecelakaan.

Panglima Angkatan Bersenjata Jenderal Cirilito Sobejana mengatakan pesawat itu membawa pasukan dari Cagayan de Oro di pulau selatan Mindanao ketika "melewatkan landasan" ketika mencoba mendarat di Jolo.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews