Kasus Covid Masih Tinggi, Malaysia Berencana Perpanjang Lockdown Nasional

Kasus Covid Masih Tinggi, Malaysia Berencana Perpanjang Lockdown Nasional

(Foto: AFP)

Kuala Lumpur, Batamnews - Malaysia berencana akan memperpanjang lockdown nasional setelah Senin (28/6/2021) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, lockdown atau MCO di Malaysia akan berakhir pada hari ini. Tapi Perdana Menteri Muhyiddin Yassin mengatakan lockdown bakal terus diberlakukan sampai kasus harian turun di bawah 4.000, kata Bernama.

Menteri Senior Pertahanan Ismail Sabri Yaakob juga mengatakan bahwa Tahap 1 dari perintah kontrol gerakan akan dipertahankan hingga tiga indikator nilai ambang batas utama tercapai.

Indikatornya, jumlah kasus harian COVID-19 turun menjadi di bawah 4.000, tingkat penggunaan tempat tidur di unit perawatan intensif berada pada level sedang dan 10 persen populasi telah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

“Berdasarkan evaluasi risiko yang dilakukan Kementerian Kesehatan, pemerintah akan mempertahankan periode Fase 1 secara nasional,” kata Ismail Sabri dalam keterangannya.

"Ini dengan mempertimbangkan situasi saat ini yang belum berhasil transisi dari Fase 1 ke Fase 2, di mana grafik harian kasus positif Covid-19 menunjukkan tren horizontal," tambahnya.

Ismail juga mengatakan bahwa restoran dapat beroperasi dari pukul 6 pagi hingga 10 malam mulai Senin. Saat ini restoran hanya diperbolehkan beroperasi dari pukul 8 pagi hingga 8 malam.

Dia mengatakan keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan banding dari dan pandangan operator gerai makanan.

(gea)
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait