Varian Corona India Terdeteksi di Kudus, 28 Sampel Positif

Varian Corona India Terdeteksi di Kudus, 28 Sampel Positif

Ilustrasi.

Kudus - Varian baru Covid-19 India atau B16172 terdeteksi menyebar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Dari 34 sampel pasien Covid-19 asal Kudus yang diambil Kementerian Kesehatan, 28 di antaranya dinyatakan positif varian delta India.

Hal ini dikonfirmasi Bupati Kudus HM Hartopo usai mengikuti rapat terbatas secara daring di Command Center Pemkab Kudus, Sabtu (12/6/2021) malam.

Rapat itu diikuti sejumlah pihak, di antaranya Kementerian Kesehatan, Pangdam IV/Diponegoro, Gubernur Jawa Tengah, dan unsur pimpinan daerah Kabupaten Kudus.

Hartopo mengatakan, dari 34 sampel spesimen Covid-19 dari Kudus, 28 di antaranya positif terkonfirmasi Covid-19 varian delta. Pemeriksaan dilakukan di laboratorium UGM Yogyakarta.

“Varian delta, varian India itu terindikasi ada di Kudus,” ujar Hartopo dilansir MuriaNews, Minggu (13/6/2021).

Terkait asal muasal varian tersebut, Hartopo sendiri belum menerima informasi lanjutan. Pihaknya pun akan segera menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terkait pembatasan yang akan dilakukan di Kudus.

“Dimungkinkan ada lockdown mikro di Kudus, tapi teknisnya seperti apa akan dirapatkan besok dengan Pak Gubernur Ganjar,” kata Hartopo.

Pihaknya pun mulai mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai orang-orang tanpa gejala. Terlebih orang-orang yang tidak diketahui rekam jejak temunya.