Damkar Ungkap Dua Dugaan Penyebab Kebakaran Rumah di Sei Jang

Damkar Ungkap Dua Dugaan Penyebab Kebakaran Rumah di Sei Jang

Kebakaran rumah warga di Sei Jang, Tanjungpinang. (Foto: Adi/batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Kebakaran di Jalan Siantan, Kelurahan Sei Jang, Tanjungpinang, Kepulauan Riau meludeskan dua rumah pada Jumat (11/6/2021) siang.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang menyebut ada dua penyebab yang diduga menjadi penyebab kebakaran.

"Dugaan sementara disebabkan korsleting listrik atau disebabkan kompor gas, sempat ada suara letupan," kata Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang, Antoni.

Namun demikian, pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran ini. Mengenai kerugian, sejauh ini masih belum diketahui.

Baca: Tiga Mobil Damkar Dikerahkan Padamkan Kebakaran Rumah di Sei Jang

Ia mengatakan, untuk melakukan pemadaman api pihaknya menerjunkan sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran. Namun katanya, karena saat ini angin sangat kencang sehingga api cepat melalap bangunan rumah.

“Sekitar 1 jam kita lakukan pemadaman, anginya kencang, jadi api cepat memakan bangunan, isi rumahnya abis terbakar,” jelasnya.

Antoni mengimbau masyarakat Tanjungpinang untuk berhati-hati dan selalu memperhatikan aliran listrik saat meninggalkan rumah.

“Lihat listrik dan pastikan kompor gasnya, karena musibah kita tak ada yang tahu, lebih baik mencegah dulu,” ucapnya.

Sementara, Yodarma, salah satu anak pemilik rumah mengatakan, bahwa kebakaran itu diduga disebabkan api dari kompor dapur. 

“Tadi ada yang masak, mungkin selesai masak lupa matikan kompor,” kata Yodarma saat ditemui di lokasi.

Baca: Breaking News: Satu Unit Rumah Warga Sei Jang Tanjungpinang Ludes Terbakar

Yodarna menceritakan, dirinya mengetahui rumahnya terbakar dari warga setempat,bahwa dari dalam rumahnya ada kobaran api.

“Saya lagi dalam kamar mandi, mendengar teriakan warga ada api, saya langsung keluar melihat di dapur sudah terbakar,” katanya.

(adi)