Putra Kepri Jadi Anggota Kehormatan Federasi Keinsinyuran se-Asean

Putra Kepri Jadi Anggota Kehormatan Federasi Keinsinyuran se-Asean

Para insinyur anggota PII Kepulauan Riau yang menjadi anggota kehormatan Federasi Keinsinyuran se-Asean. (Foto: ist)

Batam - Dalam masa pandemi Covid 19, Konferensi Insinyur Se-Asean CAFEO 38 yang berlangsung secara hydrid di Vietnam pada 18 – 26 November 2020 yang lalu. 

Dalam event tersebut, Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Batam mendapat kehormatan dengan diberikannya 6 insinyur dari Kepulauan Riau sebagai “Asean Engineer Register”.

Enam insinyur asal Kepri terdiri dari 2 Insinyur dari Mc Dermott (Theofilus dan Vivi), 1 Insinyur dari PT Lancang Kuning sukses (Sudomo), 1 Insinyur dari Dry Dock (Usmanul) dan 2 Insinyur dari Politeknik Negeri Batam (Hakim dan Benny), serta 1 insinyur sebagai “Honorary Member AFEO”. 

AFEO adalah federasi asosiasi keinsinyuran yang ada di negara-negara se Asia Tenggara, terdiri dari 10 negara yaitu, Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Kambodia, Laos, Myamar, Brunei Darussalam dan Philipina. 

Acara konferensi yang berlangsung tersebut dihadiri lebih dari 300 insinyur dari seluruh negara Asean dengan metode Daring dan Luring.

Saat ini, telah terdaftar 13 insinyur di level ASEAN yang di mulai dari CAFEO 36, CAFEO 37 dan CAFEO 38. Sebanyak 13 insinyur ini tersebar di berbagai perusahaan-perusahaan dan perguruan tinggi di Batam, yaitu PT. Mc. Dermott Indonesia, Mulia Batindo Group, PT. Dry Dock Batam, Politeknik Negeri Batam, PT. Lancang Kuning Sukses, dan lain-lain. 

Setiap tahun Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Batam dan Wilayah Kepri bekerjasama untuk mensupervisi anggota nya yang tergabung dalam persatuan insinyur Indonesia (PII) agar tersertifikasi sebagai “Asean Engineer Register”. 

Pada tahun 2020, selain mensupervisi, Ketua Persatuan PC PII Batam Ir. Prastiwo Anggoro, Asean Eng. (seorang Insinyur kelahiran Kepri) mendapatkan kehormatan untuk dinominasikan sebagai “Honorary Member AFEO” bersama 9 Anggota Persatuan Insinyur Indonesia dari seluruh Indonesia yang diseleksi secara ketat di tingkat nasional dan Asean. 

Di saat bersamaan Nominasi “Distinguished Honorary Fellow” di nominasikan ke Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia Ir. Arifin Tasrif. 

Penghargaan sebagai honorary member atau anggota kehormatan diterima di sekretariat Bersama PW PII Kepri dan PC PII Batam di Baloi View Apartement lantai 1 bersamaan dengan penyerahaan Asean Engineer Register kepada 5 insinyur dari Kepri.

“Penghargaan sebagai anggota kehormatan federasi asosiasi keinsinyuran se Asean ini dipersembahkan untuk anggota PII di Kepri dan putra-putri Kepri yang sedang menempuh jalur Pendidikan Teknik di perguruan tinggi ataupun Politeknik," kata Prastiwo Anggoro.

“Penghargaan ini, memang yang pertama bagi putra kelahiran KEPRI, namun bukanlah yang terakhir, diharapkan dengan posisi Pulau Batam yang berada di segitiga emas Sijori (Singapura, Johor dan Kepri), akan muncul insinyur-insinyur andal dari Kepri yang berdaya saing internasional dan pada akhirnya bersumbangsih bagi pembangunan fisik maupun SDM yang ada di wilayah Kepulauan Riau," tutupnya. 

Dalam Bulan Juli 2021, Kepri mendapat kehormatan sebagai tuan rumah Rapat Pimpinan Nasional Persatuan Insinyur Indonesia yang mendatangkan 150 insinyur dari seluruh Indonesia. 

Untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran keanggotan Persatuan Insinyur Indonesia dan sertifikasi international dapat menghubungi admin There (0812 2304 1566). Ir. Sudomo (0812 7004 350) dan Imam (0831 8693 8215). Email : [email protected] dan [email protected].

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews