Dubes RI untuk Rumania Kunjungi BP Batam, Ini yang Dibicarakan

BP Batam menyambut rombongan dari KBRI Rumania. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Badan Pengusahaan (BP) Batam membuka investasi seluas-luasnya bagi penanaman modal dari negara-negara Eropa.

Kekinian, delegasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dari Rumania datang untuk membahas tentang peluang investasi dan kerjasama yang dapat dikerjakan negara yang terkenal dengan pertanian, perkebunan, peternakan dan industrinya itu.

Pertemuan antara BP Batam dengan KBRI untuk Rumania dilaksanakan di Gedung Marketing Center BP Batam, Batam Center, Kota Batam, pada Senin (31/5/2021). 

Duta Besar Republik Indonesia untuk Rumania, M. Amhar Azeth, mengatakan, Rumania memiliki sejarah panjang dengan Indonesia sejak masa kemerdekaan. 

Menurutnya, Rumania menyimpan banyak potensi yang dapat dikembangkan melalui kerjasama antar kedua wilayah.

"73 tahun yang lalu, Rumania adalah salah satu negara yang mendukung kemerdekaan Indonesia. Hubungan Rumania dengan Indonesia juga sangat erat di forum internasional. Sinergi positif ini dapat kita lanjutkan dengan Batam," ujar Amhar.

Ia menjelaskan, contoh industri yang berkembang di Rumania adalah manufaktur helikopter Airbus dan manufaktur reparasi kapal. Sedangkan di bidang kesehatan, Rumania memiliki pusat penelitian kanker.

Baca: Eropa Berkontribusi Signifikan pada Investasi Asing di Batam

Mengingat Rumania juga memiliki sistem pengelolaan air dan limbah yang baik, serta undang-undang khusus tentang sistem modifikasi cuaca, Amhar melihat peluang kerjasama dengan Batam dalam hal penggunaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk menambah volume air baku di waduk Batam.

Guna membuktikan keseriusan Kedubes RI untuk Rumania atas rencana kerjasama antar kedua wilayah, salah satu investor akan membuka kantor perwakilannya di Batam.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan salah satu investor Rumania, dalam waktu dekat jika kepengurusan perizina selesai, akan dibuka satu kantor perwakilan bagi negara-negara ASEAN di batam, khusus bidang TMC," ujar Amhar.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, pun mengapresiasi positif inisiasi kerjasama Dubes RI untuk Rumania tersebut. Menurutnya, peluang yang dimiliki Rumania selaras dengan beberapa rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Eksklusif (KEK) di Batam.

"Batam membuka banyak peluang untuk berinvestasi. BP Batam akan mempersiapkan diri untuk kerjasama di bidang TMC. Tapi memang karena ini melibatkan dua negara dan jaraknya juga tidak dekat, maka memerlukan waktu. Secepatnya akan kami diskusikan kembali," jelas Rudi. 

(ude)