Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat di Batam, Ini Jadwalnya

Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat di Batam, Ini Jadwalnya

Gerhana bulan total. (Foto: BMKG)

Batam, Batamnews - Gerhana bulan total akan berlangsung pada 26 Mei 2021 malam ini. Fenomena alam yang langka ini bisa dilihat di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Batam, Kepulauan Riau.

Melansir situs BMKG, gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. 

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

"Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra Bumi," tulis situs BMKG. 

Baca: Langka! Gerhana Bulan Total 26 Mei Terjadi 195 Tahun Sekali

Akibatnya, saat fase totalitas gerhana terjadi Bulan akan terlihat kemerahan. Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Lalu, pada pukul berapa gerhana bulan total ini bisa disaksikan Batam? 

BMKG menjelaskan bulan terbit di Batam pada pukul 18.03 WIB dengan posisi bujur 104 3,31 BT dan lintang 1 7,67 LU.

Fase gerhana akan dimulai pada pukul 18.09 WIB dan puncaknya diprediksi pukul 18.18 WIB.

Selain di Batam, gerhana bulan total ini juga bisa disaksikan di enam kabupaten/kota di Kepri lainnya, yakni Tanjungpinang, Karimun, Bintan, Lingga, Anambas dan Natuna pada waktu yang sama.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews