Ruang Isolasi Pasien Corona RS Batam Hampir Penuh, Hotel Disiapkan

Ruang Isolasi Pasien Corona RS Batam Hampir Penuh, Hotel Disiapkan

RSUD Embung Fatimah Batam.

Batam, Batamnews - Daya tampung pasien positif Covid-19 di rumah sakit Batam, Kepulauan Riau di ambang melebihi kapasitas. Ruang isolasi sejumlah rumah sakit kini hampir penuh.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Batam per tanggal 6 Mei 2021, total pasien yang sedang dirawat berjumlah 775 orang. 

“Sejauh ini ruang isolasi untuk penyakit menular, termasuk Covid-19, sudah agak penuh,” ujar Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Jumat (7/5/2021). 

Ia menjelaskan ruang intensive care unit (ICU) dibagi menjadi dua jenis, yaitu penyakit menular dan ruang isolasi biasa. Didi menyampaikan bahwa tidak semua pasien Covid-19 dirawat di ruang isolasi menular. 

“Kalau ruang isolasi biasa, masih memadai,” katanya. 

Menurutnya berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes), rumah sakit Pemerintah wajib menyediakan 30 persen dari total tempat tidur untuk pasien Covid-19. Lalu rumah sakit milik swasta menyediakan 20 persen dari total kapasitas. 

“Jika total rumah sakit di Batam mencapai 1.500 lebih, maka 20-30 persennya yaitu sebesar 300-400 tempat tidur,” kata dia. 

Sementara itu, ruang perawat yang sudah terisi sampai sejauh ini sudah mencapai kurang lebih 500 tempat tidur, sedangkan yang isolasi mendiri telah mencapai 241 orang.  

Mengenai kondisi tersebut, Didi mengatakan kapasitas rumah sakit sudah maksimal, namun belum overload. 

“Setiap hari ada yang sembuh, ada yang masuk, jadi masih bisa ada ruang perawatan,” kata dia.  

Sebagai antisipasi, pemerintah daerah telah menyiapkan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam dengan kapasitas 140 orang. Selain itu, rumah sakit rujukan diminta untuk menyedikan tempat tidur tambahan. 

“Kami juga sedang mengajak hotel untuk kolaborasi dengan Pemko Batam, untuk karantina pasien,” ucapnya. 

Untuk hotel tersebut, Didi mengaku sudah ada satu hotel yang akan menjadi tempat perawatan bagi pasien Covid-19. Akan tetapi untuk kapasitas hotel yang dapat menampung pasien, Didi belum mendapatkan datanya. 

“Kemarin sudah ada satu orang pasien positif Covid-19 yang dirawat di hotel itu, pasien membayar sendiri biaya hotelnya,” ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews