Daftar Harga Kapal Selam Canggih, Termahal Capai Rp 79 Triliun

Daftar Harga Kapal Selam Canggih, Termahal Capai Rp 79 Triliun

KRI Alugoro 405 yang diproduksi PT PAL. (Foto: Liputan6.com)

Batam, Batamnews - Ramai ajakan galang dana untuk membeli kapal selam, pasca-tenggelamnya KRI Nanggala-402. 

Sejauh ini, penggalangan dana yang dilakukan oleh warga untuk membeli kapal selam baru mulanya digagas oleh pengelola Masjid Jogokariyan, Yogyakarta. Rupanya banyak warga yang memberi respon positif atas gagasan tersebut.

Hal tersebut terbukti sejak diunggahnya informasi mengenai ajakan donasi untuk membeli kapal selam di instagram pada 26 April 2021, penggalangan dana tersebut sukses tembus Rp365 juta lebih dalam sehari.

Bahkan, pada hari kedua galang dana terkumpul lebih dari Rp 800 juta.

Kira-kira berapa ya harga kapal selam? Buat yang penasaran, mari simak berikut ini daftar harga kapal selam.

1. Kelas Seawolf 

SSN Seawolf Class merupakan kapal selam yang menggunakan tenaga nuklir. Kapal selam ini dibangun pertama kali tahun 1989 oleh Electric Boat Division of General Dynamics. Kapal salam ini mampu menyelam hingga kedalaman 610 meter serta mampu bergerak cepat hingga 35 knot. 

Kapal selam serang ini dilengkapi rudal Tomahawk dengan daya jangkau mencapai 2500 km. Satu unit Kapal selam serang jenis ini ditaksir seharga Rp US$5,5 miliar atau setara dengan Rp 79,6 triliun.

2. Kelas Virginia

 

Kapal selam serang Kelas Virginia merupakan kapal selam yang memanfaatkan tenaga nuklir multimisi siluman. Kapal selam ini dilengkapi fasilitas 12 tabung peluncuran rudal vertikal,  empat tabung torpedo 533 mm, dan lainnya.

Diketahui, kapal selam jenis ini dibangun oleh ivisi Pembuatan Kapal Newport News Huntington Ingalls Industries yang bekerja sama dengan General Dynamics Electric Boat. 

Pada akhir tahun 2019, dikabarkan untuk membuat sembilan kapal selam mengeluarkan dana US$22 miliar atau setara dengan Rp318,8 triliun (kurs Rp14.494). Itu artinya, satu unit kapal selam Virginia-Class terbaru dibanderol dengan harga sekitar US$2,5 miliar atau Rp 36,2 triliun.

3. Kelas Chang Bogo 

Kapal selam serang kelas Chang Bogo merupakan kapal selam berteknologi canggih. Kapal selam ini diproduksi kemitraan antara Indonesia dan Korea Selatan. Kapasitas kapal selam ini mampu untuk mengangkut 33 awak.

Kapal selam serang ini mempunyai panjang 61,3 m dan mampu bergerak sekitar 21 knot dengan daya jangkau 595 km dan mampu melakukan perjalanan misi lebih dari 50 hari. Harga satu unit kapal selam serang ini ditaksir mencapai Rp 330 juta dolar AS atau setara dengan Rp 4,79 triliun.

4. Kelas Yasen/ Graney 

 

Kapal selam kelas Yasen/ Graney merupakan kapal selam serang yang menggunakan tenaga nuklir. Kapal buatan Rusia ini mamiliki daya tampung mencapai 55 awak.

Kapal selam ini mempunyai panjang 111 m, lebar 12m, dan sudah dilengkapi delapan tabung torpedo (25.6 inci). Kapal ini juga sudah dilengkapi rudal peluncuran 3M51 Alfa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Harga satu unit kapal ini ditaksir seharga US$1,8 miliar atau setara dengan Rp 26 triliun.

5. Kelas Soryu

Kapal selam Kelas Soryu merupakan kapal selam yang menggunakan  tenaga diesel-listrik. Kapal ini dibangun oleh Kawasaki Shipbuilding Corporation dan Itsubishi Heavy Industries.

Kapal yang diluncurkan tahun 2007 ini mempunyai panjang 84 m dan lebar 9,1 m, dengan daya tampung 65 awak. Kapal ini memiliki jangkauan maksimum 610 m dengan kecepatan 6,5 knot. Satu unit kapal selam ini ditaksir seharga US$496 juta atau setara dengan Rp 7,1 triliun. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews