Lou Ottens, Penemu Kaset Pita dan CD Tutup Usia

Lou Ottens, Penemu Kaset Pita dan CD Tutup Usia

Lou Ottens. (Foto: via Suara.com)

Jakarta - Sosok penemu kaset pita dan orang yang bertanggung jawab dalam pengembangan CD (compact disc) diketahui baru saja tutup usia. 

Dikutip dari NME, Kamis (11/3/2021), penemu kaset pita adalah seorang insinyur asal Belanda bernama Lou Ottens yang baru saja diketahui tutup usia. Lou meninggal di usia 94 tahun.

Kisah Lou mengembangkan kaset pita dimulai pada tahun 1960, saat ia menjadi head of product development Philips. Saat itu, Lou yang bergabung di Philips pada 1952 tengah mengembangkan tape recorder portabel pertama.

Lalu pada 1963, dia akhirnya memperkenalkan pita kaset pertama saat gelaran Berlin Radio Show. Kaset itu menarik perhatian, sebab memakai sistem gulungan yang akhirnya digunakan sampai sekarang.

Setahun setelahnya, 'Compact Cassete' pun didaftarkan menjadi merek dagang. Setelah itu, Lou juga membuat kesepakatan dengan Sony sehingga kaset pita buatannya menjadi standar yang digunakan di seluruh dunia.

Berdasarkan catatan, ada sekitar 100 miliar kaset pita yang terjual sejak pertama kali produk itu dikomersialkan.

Menjelang akhir karirnya, Lou juga menjadi sosok yang bertanggung jawab terhadap pengembangan CD. Ketika itu, Lou diketahui menjadi technical director di Philips Audio yang menjalin kerja sama dengan Sony mengembangkan CD pada tahun 1979.

Hasil kolabroasi itu lantas dikenal menjadi CD seperti sekarang ini. Penjualan CD sendiri diketahui telah mencapai 200 miliar, sejak pertama kali diperkenalkan ke publik pada 1982.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews