https://www.batamnews.co.id

Ikan Bertubuh Aneh Gegerkan Warga Singapura

Ikan bertubuh aneh yang diduga ikan Aligator, ditemukan warga di sebuah waduk, Singapura. (Foto: Pen News via Ladbible)

Singapura - Seekor ikan bertubuh aneh ditemukan warga di tepi MacRitchie Reservoir, reservoir tertua di Singapura.

Temuan ikan aneh itu didokumentasikan Karen Lythgoe, yang berasal dari Skotlandia.

Menurutnya ada beberapa orang yang sudah melihatnya dari trotoar, tapi jarak itu terlalu jauh untuk melihat makhluk apa itu.

"Kami mengira itu adalah buaya dari posisi itu, tetapi kelihatannya tidak benar, jadi kami keluar dari jalur untuk melihat lebih dekat. Itu bukan buaya. Itu seperti sesuatu yang mungkin Anda lihat di kebun binatang - itu tampak seperti binatang prasejarah dengan rahang dan gigi besar," kata Lythgoe, dilansir Ladbible, Jumat (19/2/2021).

Warga lainnya, Imran Kassim, 27, mengira itu adalah reptil predator. Dia sempat mengira ikan itu adalah buaya, terutama karena sebagian tubuhnya telah hilang dimakan oleh biawak.

"Saya sangat terkejut melihatnya karena saya pikir itu adalah aligator, dan jejak itu seharusnya aman selain monyet nakal yang mencuri makanan, dan tidak pernah ada hewan besar di sana," ujarnya.

"Itu sangat aneh, tapi cukup terlihat seperti kadal dengan rahangnya terbuka lebar, sehingga aku tidak akan pernah menyangka itu ikan," imbuhnya.

Makhluk itu sekarang telah diidentifikasi oleh badan air kota dan Dewan Taman Nasional yang mengatakan bahwa itu adalah aligator gar - ikan asli Amerika Serikat bagian selatan, sekitar 10.000 mil jauhnya.

Spesies ini disebut 'fosil hidup' karena begitu banyak biologinya dapat ditelusuri kembali ke nenek moyang paling awal.

Mengenai bagaimana makhluk itu bisa sampai di Singapura, pihak berwenang hanya dapat berasumsi bahwa ia dipelihara sebagai hewan peliharaan dan dilepaskan setelah ia tumbuh terlalu besar.

Menurut media lokal, ikan buaya remaja dapat dibeli dari pedagang ikan lokal.

(gea)