BMKG Ingatkan Waspada Potensi Kebakaran Hutan dan Lahan di Lingga

BMKG Ingatkan Waspada Potensi Kebakaran Hutan dan Lahan di Lingga

Ilustrasi

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), mengeluarkan peringatan dini waspada potensi terjadinya hotspot atau titik panas.

Kepala BMKG Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, peringatan ini dikeluarkan memandang tak kunjung turunnya hujan di wilayah Kabupaten Lingga hampir selama 20 hari sejak awal Februari lalu.

"Di Kabupaten Lingga dalam Februari bulan ini sudah terpantau 2 kali titik panas. Pada tanggal 5 dan 17 Februari lalu sehubungan dengan sudah 20 hari tidak turun hujan," kata dia kepada Batamnews, Kamis (18/2/2021) kemarin.

Dengan demikian, Sahat pun mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Terlebih saat ini cuaca panas melanda wilayah Kabupaten Lingga, sehingga mudah sekali terjadi pemicu potensi kebakaran.

"Beberapa hari kedepan intensitas hujan juga sangat jarang, maka alang-alang yang biasanya menutupi lantai hutan dalam kondisi sangat kering dan sangat mudah terbakar. Saat ini juga angin kencang 09-30 km/jam," jelasnya.

"Imbauan kami kepada masyarakat agar tidak membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar. Kemudian jika membakar sampah di dekat hutan atau rerumputan yang kering tolong diawasi," tambahnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak sembarangan membuang puntung rokok di pinggir jalan yang terdapat ilalang atau rumput yang kering di pinggir jalan, agar tidak terjadi kebakaran.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews