PDIP Rotasi Ribka Tjiptaning ke Komisi VII, Gara-Gara Tolak Vaksin?

PDIP Rotasi Ribka Tjiptaning ke Komisi VII, Gara-Gara Tolak Vaksin?

Ribka Tjiptaning. (ist)

Jakarta- Fraksi PDI Perjuangan DPR RI melakukan rotasi sejumlah anggota. Ribka Tjiptaning dipindahkan dari Komisi IX ke Komisi VII.

Selain Ribka, ada beberapa nama lain yang dirotasi. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ihsan Yunus dipindahkan menjadi anggota Komisi II.

Johan Budi Sapto Pribowo yang berada di Komisi II pindah menjadi anggota Komisi III. Marinus Gea dari Komisi III menjadi Komisi XI. Serta, Gilang Dhielafararez dari Komisi VI menjadi Komisi III.

Rotasi itu dibenarkan oleh Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Bambang Wuryanto. "Rotasi biasa," ujarnya kepada wartawan, Selasa (19/1/2021).

Salah satu yang menjadi perhatian adalah rotasi Ribka dari Komisi IX. Sebelumnya Ketua DPP PDIP itu memberikan pernyataan yang kontroversial menolak vaksinasi Covid-19 dalam rapat Komisi IX bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Sehari setelah pernyataan itu dilontarkan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto meluruskan. Hasto menilai, pernyataan Ribka bentuk kritik bahwa negara tak boleh berbisnis dengan rakyat. Ribka sendiri mengaku ditegur partai setelah memberikan pernyataan menolak vaksin tersebut.

Bambang Wuryanto mengakui ada alasan dibalik rotasi lima anggota Fraksi PDIP itu. Ia menjawab secara normatif.

"Setiap keputusan politik pasti ada argumentasinya, yang barang tentu argumen tersebut didukung oleh fakta. Bagi semua pihak yang terkena rotasi silahkan melakukan retrospeksi dan introspeksi," jelasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews